Jakarta – Prod DR Ahmad Supardi, selaku Kepala Biro Administrasi Umum Perencanaan keuangan dan Kepegawaian UIN Suska Pekanbaru menyatakan bahwa Ustaz Abdul Somad Batubara (UAS) mengundurkan diri sebagai PNS Universitas Islam negeri (UIN) Sultan Syarif Kasim (Suska) Pekanbaru. Surat resmi pengunduran diri UAS sudah diterima pihak kampus.

“Iya ini ada surat resminya,” kata Ahmad, Selasa (15/10/2019).

Ahmad menyatakan bahwa surat pengunduran diri UAS tidak diserahkan langsung oleh ustaz kondang tersebut. Surat tersebut diserahkan oleh orang dekat UAS ke kampus.

“Tidak (bukan UAS langsung). Surat itu diserahkan melalui orang dekatnya. Selembar surat saja, di atas meterai Rp 6.000,” kata Ahmad.

Ahmad menyatakan bahwa surat pengunduran diri UAS belum dilaporkan ke Kementerian Agama (Kemenag). Sebab, hingga saat ini, surat itu masih diproses di pihak rektorat.

“Belum (Kemenag). Inikan sedang kita proses sekarang, iya (masih) di internalnya UIN,” kata Ahmad.

“Dalam surat pengunduran diri UAS menyebutkan karena kesibukan,” kata Ahmad.

Ahmad menyatakan bahwa kini UAS banyak berdakwah di berbagai wilayah Indonesia, bahkan sampai ke luar negeri. Kondisi tersebut membuatnya tidak bisa memenuhi jam mengajar di kampus UIN Pekanbaru.

“Sebagai dosen kan ada kewajiban mengajar (di kampus). Karena kesibukan-kesibukan itu, beliau bilang tidak bisa aktif proses belajar-mengajar,” kata Ahmad. (NRY-harianindo.com)