Jakarta – Aksi Kamisan diselenggarakan tepat di depan Istana Kepresidenan Jakarta. Dalam aksi tersebut, para peserta aksi menyampaikan protes soal ditunjuknya Prabowo Subianto sebagai Menteri Pertahanan (Menhan) di Kabinet Indonesia Maju.

Aksi tersebut diselenggarakan tepat pada hari Kamis (24/01/2019). Diketahui bahwa massa aksi mulai berkumpul sejak pukul 16:05 WIB. Beberapa massa menggunakan payung hitam.

Dalam aksi tersebut, terdapat payung-payung hitam bertuliskan berbagai macam hal. Beberapa di antaranya bertulisan ‘#UsutTuntasKasusUdinDanMarsinah’, ‘Tuntaskan Tragedi 1965’, serta ‘Tuntaskan Kasus HAM Berat Masa Lalu’.

Selain itu, dalam aksi tersebut terdapat massa yang membawa poster berisi kritik. Poster tersebut bertulisan ‘Habis Wiranto Terbitlah Prabowo, Negara Lagi Bercanda???’.

“Seperti kita tahu, dua orang ini kan terduga pelanggar HAM gitu ya. Yang satu sebelumnya megang Menko Polhukam dan udah jadi menteri 4 kali. Kita senang tadinya dia udah turun, mungkin karena ada masalah, mungkin karena keselamatannya juga terancam ya. Tapi sekarang yang diangkat malah salah satu terduga (pelanggar) HAM yang gak pernah diproses juga. Yang dulu juga jadi backing-annya keluarga Cendana segala macam. Bercanda aja gitu loh negara. Emang nggak ada profesional lain,” kata pemegang poster, Abimana.

Menurut Abimana, seharusnya Jokowi mempertimbangkan rekam jejak para pembantunya. Abimana berharap kasus dugaan pelanggaran HAM di masa lalu segera dituntaskan. (NRY-www.harianindo.com)