Padang – Faldo Maldini resmi mengemban tugas sebagai Ketua DPW Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Sumatra Barat. Dalam sebuah kesempatan, ia memaparkan gagasannya untuk membangun Sumbar, yaitu Sumangaik Sambilan (Semangat Sembilan).

“Saya ingin menawarkan Sumangaik Sambilan untuk perubahan Sumbar ke arah yang lebih baik,” ungkap Faldo di Padang, Minggu (27/10/2019).

Sembilan program yang ditawarkan oleh Faldo antara lain Sumangaik Baraja dan Sumangaik Mangaji untuk bidang pendidikan. Sumangaik Raun untuk bidang infrastruktur. Sumangaik Manggaleh bidang industri. Sumangaik Bakawan mengenai kerja sama.

Sumangaik Malayani untuk pelayanan publik berbasis partisipasi masyarakat, Sumangaik Bajaleh untuk APBD yang transparan, Sumangaik Badayo untuk meningkatkan kesejahteraan perempuan dan anak. Serta Sumangaik Basegeh sebagai wadah inovasi.

Pidato politik tersebut juga bisa dipandang sebagai bentuk “deklarasi” dari Faldo Maldini terkait kesiapannya untuk terjun serta dalam Pemilu Gubernur Sumbar 2021.

Langkah yang akan ditempuh oleh Faldo berikutnya adalah memperjuangkan pencalonannya ke Mahkamah Konstitusi. Sebab, pada saat pendaftaran calon Gubernur Sumbar 2021-2026 ditutup, Faldo masih berusia 29 tahun. Sedangkan persyaratan meminta calon gubernur minimal berusia 30 tahun.

“Kami optimistis menang di MK sehingga bisa ikut sebagai calon termuda dalam Pilgub Sumbar,” kata Faldo. (Elhas-harianindo.com)