Jakarta – Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB), Tjahjo Kumolo, mengeluarkan aturan larangan terhadap Aparatur Sipil Negara (ASN) di yang berada di kementeriannya untuk menggunakan cadar.

Larangan yang dikeluarkan tersebut bersifat wajib untuk dilaksanakan selama mereka masih mengenakan seragam ASN dan berada di lingkungan pemerintahan.

“Bagi saya, kalau di kantor jangan pakai cadar dong. Kalau di luar kantor mau pakai cadar ya silakan, itu kan hak setiap warga negara untuk berpakaian,” tegas Tjahjo Kumolo di Yogyakarta, Senin (04/11/2019).

Ia pun menekankan bahwa setiap kepala daerah, pimpinan lembaga, dan Kementerian memiliki kewenangan untuk mengeluarkan aturan bagi pegawainya. Termasuk mengeluarkan aturan terkait tata cara berpakaian terhadap para pegawainya.

Kendati Tjahjo mengeluarkan aturan pelarangan penggunaan cadar di Kemenpan RB, ia mengungkapkan bahwa dirinya tidak memberikan imbauan dan instruksi untuk lembaga atau kementerian lainnya turut menjalankan aturan tersebut.

“Tapi kalau mau pakai cadar gimana mau lihat (yang bersangkutan). Tapi itu (kebijakan) masing-masing (instansi), kalau saya di Kantor Menpan selama di kantor jangan pakai cadar. Kalau mau pakai cadar ya di luar kantor, silakan,” pungkas politikus PDIP tersebut. (Hr-harianindo.com)