Jakarta- Sebuah LSM bernama KPK (Komunitas Pengawas Korupsi) melayangkan laporan terhadap YouTuber Atta Halilintar ke pihak kepolisian. Laporan tersebut terdaftar di SPKT Polda Metro Jaya, kawasan Semanggi, Jakarta Selatan, Rabu (13/11/2019).

Atta dilaporkan sendirian, ia dilaporkan bersama dengan sebuah akun YouTube bernama Gunawan Swallow. Laporan tersebut masuk dengan nomor LP/7322/XI/2019/PMJ/Dit. Reskrimsus tertanggal 13 November 2019.

Ketua LSM KPK Firdaus Oiwobo mengungkapkan bahwa alasan melayangkan laporan terhadap Atta lantaran dinilai telah membuat konten yang berisi unsur pelecehan agama. Sementara, akun YouTube bernama Gunawan Swallow diduga lantaran telah menyebarkan video tersebut dengan mengunggah kembali ke YouTube.

“Saudara Atta Halilintar dan akun YouTube Gunawan Swallow (dilaporkan) dengan dugaan pelanggaran Pasal 156 a, dan UU ITE Pasal 28 ayat 2 juncto Pasal 45 a Tentang Dugaan Penistaan Agama yang diduga dilakukan oleh Atta Halilintar dan kawan-kawan,” tutur Firdaus di Polda Metro Jaya, Rabu.

Menurut Firdaus, dalam video tersebut Atta membuat pratik ibadah sebagai kontennya. Hal tersebut pun dinilai telah melakukan pelecehan agama.

“Ada adegan goyang-goyang sambil menerima HP, sambil teriak-teriak dan tidak sesuai itu,” sambung Firdaus.

Firdaus menuturkan pihaknya enggan untuk melakukan komunikasi terlebih dahulu dengan pihak Atta. Menurut Firdaus, komunikasi yang dilakukan pun akan percuma sehingga dia lebih memilih untuk langsung membuat laporan.

“Tidak ada, buat apa komunikasi? Sekarang jawab saja, tidak usah komunikasi, jawab saja laporan kami,” katanya.

Firdaus melanjutkan video tersebut sudah semapt diunggah pada tahun lalu, namun saat ini muncul lagi lantara diunggah oleh kanal YouTube bernama Gunawan Swallow.

Diketahui, laporan tersebut mulanya dari sebuah video yang dibuat oleh Atta Halilintar bersama adik-adiknya. Video berdurasi 5 menit 46 detik menayangkan hal-hal yang tidak boleh dilakukan saat melakukan ibadah. (Hr-harianindo.com)