Jakarta- Kecamatan Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara, Provinsi Kalimantan Timur menjadi titik lokasi pembangunan istana kepresidenan. Sebelumnya, Presiden Jokowi telah menetapkan bahwa Sepaku sebagai calon lokasi ibu kota baru Indonesia.

“Konstruksi awal titik nol di Istana Presiden bersamaan dengan masjid, kompleks pemerintahan, dan pendukung lainnya, seperti infrastruktur jalan,” ujar Kepala Bagian Pemerintahan Sekretariat Kabupaten Penajam Paser Utara, Nicko Herlambang, Jumat (15/11).

Menutur Nicko, ketika melakukan peninjauan secara langsung ke lokasi pembangunan ibu kota baru, Bambang Brojonegoro yang saat itu masih menduduki jabatan sebagaiMenteri Perencanaan Pembangunan/Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN/Bappenas) mengungkapkan bahwa lokasi titik nol ibu kota baru berada dekat dengan Menara Sudharmono.

Menara pemantau setinggi kurang 20 meter itu terletak dalam kawasan PT ITCI Hutani Manunggal milik Sukanto Tanoto di wilayah Kelurahan Pamaluan, Kecamatan Sepaku.

Sebagai bentuk persiapan untuk melakukan pembangunan di titik nol ibu kota baru, tutur Nicko, kajian sosila ekonomi akan terlebih dahulu dilakukan oleh Pemkab Penajam Paser Utara dan Kementerian PPN/Bappenas di Kecamatan Sepaku.

“Pekan depan akan ada pertemuan dengan Kementerian PPN/Bappenas yang dipimpin Staf Ahli Menteri PPN/Bappenas di Kabupaten Penajam Paser Utara sebagai persiapan tahap pembangunan ibu kota negara,” pungkasnya. (Hr-harianindo.com)