Home > Travel & Kuliner > Kuliner > Resep dan Cara Membuat Cendol Rumahan Tanpa Pewarna Kimia

Resep dan Cara Membuat Cendol Rumahan Tanpa Pewarna Kimia

Jakarta – Ingin menikmati segelas cendol yang segar dan nikmat? Membeli di warung ataupun gerobak kadang sudah diberi pewarna buatan. Meski warnanya menggugah selera tetapi tetap saja dapat berdampak buruk karena bahan kimia yang digunakan.

Resep dan Cara Membuat Cendol Rumahan Tanpa Pewarna Kimia

Berikut Harian Indo hadirkan resep dan cara membuat cendol rumahan tanpa pewarna kimia seperti dilansir dari vemale.com (Kamis, 28/1/2016):

Bahan-Bahan:

80 gram tepung beras
20 gram tepung tapioka
400 cc santan kelapa
segenggam daun pandan
1 sdt garam
1 sdm air abu

Bahan Pelengkap:

2 gelas air
400 gram gula jawa
200 gram gula pasir
4-5 lembar daun pandan

Cara Membuat:

Tumbuk daun pandan, ambil airnya lalu campurkan dengan 400 cc santan kelapa. Siapkan panci, campurkan semua bahan jadi satu. Dengan api sedang, tuang air santan sedikit demi sedikit, bisa sesuaikan dengan kekentalannya. Jangan sampai terlalu encer agar mudah dibentuk. Setelah adonan mengental dan sedikit mengkilap, angkat. Dinginkan sebentar. Siapkan cetakan cendol atau saringan, taruh adonan di atasnya, tekan hingga berbentuk buliran cendol.

Bahan pelengkapnya semua dicampur jadi satu, lalu didihkan dengan api kecil. Cara penyajiannya, tuang cendol di dalam gelas atau mangkuk lalu siram dengan air gula. Selamat mencoba. (Yayan – harianindo.com)

x

Check Also

Resep Ikan Patin Kuah Lempah Kuning

Resep Ikan Patin Kuah Lempah Kuning

Jakarta – Sajian berbahan dasar ikan memang selalu menggoda. Terlebih jika ikan patin. Kali ini ...

12465455_10205256660160520_652338149_o

Follow Kami Di Line @harianindo Friends Added

Portal Berita Indonesia

Saran dan Masukan Selalu Kami Tunggu Untuk Kami Membangun Portal Media Ini Agar Bisa Menjadi Lebih Baik Lagi. Hubungi Kami Jika Ada Saran, Keluhan atau Masukan Untuk Kami. Untuk Pemasangan Iklan Silahkan Kontak Kami di Page Pasang Iklan.

Aktual, Faktual dan Humanis