Home > Teknologi > Sains > Ingin Melihat Gerhana Matahari Di Jakarta ? Kunjungi 2 Lokasi Ini

Ingin Melihat Gerhana Matahari Di Jakarta ? Kunjungi 2 Lokasi Ini

Jakarta – Hanya dalam hitungan hari, tepatnya pada Rabu (9/3) mendatang, gerhana matahari total akan melintas di 11 wilayah Indonesia. Sejumlah daerah lainnya juga akan mengalami gerhana matahari sebagian, salah satunya adalah Jakarta yang diprediksi akan mengalami fenomena alam berupa gerhana matahari 88,1 persen.

Ingin Melihat Gerhana Matahari Di Jakarta ? Kunjungi 2 Lokasi Ini

Berdasar informasi yang dihimpun tim Harian Indo, Senin (29/2/2016), untuk daerah Jakarta, gerhana matahari sebagian ini akan terjadi mulai pukul 06.19 WIB, titik maksimal terjadi pada 07.21 WIB dan akan berakhir sepenuhnya pada pukul 08.31 WIB.

Lantas, dimana lokasi yang dapat dikunjungi untuk dapat mengamati gerhana matahari di Jakarta? Ada beberapa tempat yang cocok, yang jelas syaratnya adalah tidak terhalang gedung tinggi atau awan.

Muhammad Rayhan selaku astronom amatir dari Planetarium dan Observatorium Jakarta mencoba memberikan masukan. Saat gerhana berlangsung, pihak Planetarium akan melakukan pengamatan di lapangan parkir Taman Ismail Marzuki, Jakarta Pusat.

Pihak Planetarium juga akan menyediakan 3.500 kacamata khusus untuk mengamati gerhana matahari bagi masyarakat yang ingin bergabung.

Selain di Planetarium, masyarakat Jakarta juga dapat mengamati gerhana sebagian di areal car free day di sepanjang Jalan Sudirman – Thamrin, dimana akan dilakukan pengamatan oleh pihak Kementerian Riset dan Pendidikan Tinggi. (Rani Soraya – www.harianindo.com)

x

Check Also

Mendekati Bumi, Asteroid Ini Menyimpan "Kekuatan" 80 Ribu Kali Bom Hiroshima

Mendekati Bumi, Asteroid Ini Menyimpan “Kekuatan” 80 Ribu Kali Bom Hiroshima

Jakarta – Baru-baru ini, para ilmuwan menyebut ada sebuah asteroid besar yang paling berbahaya. Diperkirakan, ...