Home > Travel & Kuliner > Ada Batu Mirip Alat Kelamin Pria di Sebelah Makam Keramat di Cirebon

Ada Batu Mirip Alat Kelamin Pria di Sebelah Makam Keramat di Cirebon

Cirebon – Bagi Anda yang mempunyai rencana berwisata ke Cirebon, Jawa Barat, ada baiknya mampir ke Situs Batu Lingga yang terletak di Jalan Siliwangi, Kelurahan Kesenden, Kecamatan Kejaksan, Kota Cirebon.

Ada Batu Mirip Alat Kelamin Pria di Sebelah Makam Keramat di Cirebon

Situs batu yang terletak dekat dengan pusat kuliner Pedagang Kaki Lima (PKL) ini menarik karena bentuknya yang mirip alat kelamin pria.

Masyarakat Cirebon sendiri menyebut Situs Batu setinggi kurang lebih 50 sentimeter ini dengan nama Situs Watu Celek.

Di dalam bangunan berukuran kurang lebih 2 x 2 meter ini juga terdapat makam Ki Datuk Pardun, yang dipercaya sebagai cucu dari Syekh Siti Jenar yang hidup di zaman Panembahan Ratu.

Menurut keterangan Filolog Cirebon Raden Oppan Raffan Hasyim, sejarah Situs Watu Celek dan Makam Kit Datuk Pardun memiliki hubungan.

“Dalam manuskrip (Sejarah Akhir Cirebon) tak ada tahun penulisannya. Datuk Pardun disebutkan sebagai cucu dari Syekh Siti Jenar. Dia (Datuk Pardun) memiliki hasrat yang besar untuk berkuasa, seperti kakeknya,” kata Oppan kepada wartawan.

Meski banyak beredar cerita bahwa Watu Celek merupakan peninggalan Arya Wira Celek, tapi Oppan tidak sependapat dengan hal itu.

Menurutnya, Situs Watu Celek dibuat di zaman Panembahan Ratu, sekitar akhir tahun 1590, sesuai dengan manuskrip Sejarah Akhir Cirebon.
(samsul arifin – harianindo.com)

x

Check Also

Begini Tips Memilih Semangka Yang Matang dan Manis

Begini Tips Memilih Semangka Yang Matang dan Manis

Jakarta – Di Bulan Puasa ini, salah satu buah yang banyak dicari orang adalah semangka. ...


Warning: A non-numeric value encountered in /srv/users/serverpilot/apps/harianindo/public/wp-content/plugins/mashshare-sharebar/includes/template-functions.php on line 135