Home > Gaya Hidup > Tips > 5 Tips Menyetrika Agar Kain Baju Tidak Rusak

5 Tips Menyetrika Agar Kain Baju Tidak Rusak

Jakarta – Sering kali kegiatan menyeterika baju menjadi sangat menantang terutama apabila bahan baju yang kita seterika memerlukan perlakuan khusus karena terbuat dari bahan kain jeans dan sifon.

5 Tips Menyetrika Agar Kain Baju Tidak Rusak

Itulah mengapa Anda perlu mengetahui beberapa tips dalam menyeterika agar tidak merusak bahan-bahan dari baju. Berikut tipsnya seperti dilansir dari vemale.com (Selasa, 12/4/2016):

Siapkan alas kain yang cukup

Melapisi dengan alas kain yang panjang dan lebar diperlukan jika kamu tak punya meja setrika. Pastikan kamu melapisi alas dengan cukup, halus dan rata sehingga menyetrika bisa lebih mudah.

Pastikan setrika bersih

Hal ini penting terutama jika kamu menyetrika baju putih. Pastikan setrika tidak terkena kain gosong dan menempel dan lain sebagainya. Sebaiknya menyetrika baju putih terlebih dahulu sebelum menyetrika baju berwarna.

Gunakan suhu panas yang sesuai

Jika kain tipis dan terlihat tidak begitu perlu disetrika dengan keras, gunakan suhu kecil. Tunggu sebentar agar suhu menurun, baru gunakan lagi. Suhu tinggi biasanya hanya untuk pakaian jenis jeans/denim. Pastikan kamu tidak memakai suhu tinggi untuk kain lain.

Jangan menyetrika kain yang terlalu kering

Jika kain terlalu kering bisa jadi susah disetrika, kamu bisa menyemprotnya dulu dengan air sehingga kain tidak kaku dan lebih mudah disetrika dan dibentuk.

Jangan menyetrika dengan gerakan memutar

Menyetrika sebaiknya dengan gerakan maju mundur ke samping kanan atau kiri, jangan dengan gerakan memutar. Biasanya dengan gerakan memutar, suhu panas akan berkumpul di bagian itu saja sehingga bisa lebih cepat merusak kain. (Yayan – harianindo.com)

x

Check Also

Tips dan Trik Mendeskripsikan Diri Saat Wawancara Kerja

Tips dan Trik Mendeskripsikan Diri Saat Wawancara Kerja

Jakarta – Permintaan untuk menceritakan tentang diri sendiri saat dalam wawancara kerja adalah salah satu ...