Home > Gaya Hidup > Tips > 4 Tips Diterima Kerja Meski Belum Memiliki Pengalaman

4 Tips Diterima Kerja Meski Belum Memiliki Pengalaman

Jakarta – Selamat bagi Anda yang telah lulus kuliah dan memiliki gelar S1. Sekarang saatnya bagi Anda untuk terjun ke dunia kerja. Namun perlu Anda ketahui jika mencari pekerjaan sebagai fresh graduate tidaklah mudah.

4 Tips Diterima Kerja Meski Belum Memiliki Pengalaman

Banyaknya persaingan serta ketersediaan lapangan kerja yang semakin sempit membuat setiap individu harus bisa bersaing dengan individu lainnya yang memiliki tujuan sama. Perusahaan pun akan lebih memilih mereka yang telah memiliki pengalaman.

Berikut kami hadirkan tips mendapatkan pekerjaan meski belum memiliki pengalaman profesional seperti dilansir dari vemale.com (Rabu, 13/4/2016):

Tonjolkan Kemampuanmu di Luar Bidang Akademik

Punya pengalaman organisasi? Pernah jadi relawan? Pernah ikut terlibat menyelenggarakan sebuah acara? Semua pengalaman itu bisa jadi nilai plusmu, Ladies. Tonjolkan kemampuanmu di luar bidang akademik. Buktikan kalau kamu tak hanya sibuk belajar di kelas selama kuliah, tapi juga praktik langsung belajar terjun di masyarakat.

Sebutkan Prestasimu yang Paling Gemilang

Kalau kamu pernah menjuarai kompetisi atau lomba tertentu, itu bisa jadi kelebihanmu tersendiri. Atau mungkin kamu pernah berhasil meraih beasiswa tertentu? Itu juga bisa membuat kualifikasi dirimu lebih menonjol dibandingkan orang lain. Prestasimu sekecil apapun itu bisa jadi nilai tambah bagi dirimu.

Minta Rekomendasi dari Orang Lain

Sekalipun kamu belum pernah punya pengalaman kerja profesional, tapi pasti ada dong seseorang yang pernah terlibat denganmu dalam mengerjakan sesuatu. Sebagai contoh, kamu bisa minta bantuan ketua dari organisasi yang pernah kamu ikuti untuk memberi rekomendasi. Atau bisa juga minta surat rekomendasi dari dosen pembimbing skripsimu. Surat rekomendasi itu akan sangat membantu orang yang mewawancaraimu untuk mengetahui karakter dan kepribadianmu lebih utuh lagi.

Tunjukkan Kemampuan Terbaikmu Sesuai dengan Posisi Pekerjaan yang Ditawarkan

Gali info lebih dalam tentang posisi pekerjaan yang ditawarkan. Lalu tunjukkan kemampuan terbaikmu yang sesuai dengan kebutuhan posisi tersebut. Mungkin kamu punya banyak kelebihan dan pengalaman. Tapi tak semuanya harus disebutkan atau dituliskan dalam CV dan surat lamaran. Pilah dan pilih yang sekiranya bisa memberi peluang lebih besar dirimu akan dilirik dan jadi kandidat terkuat untuk mendapat pekerjaan tersebut. (Yayan – harianindo.com)

x

Check Also

Orang Berpendidikan Tinggi Cenderung Gagal Dalam Tes Menyetir

Orang Berpendidikan Tinggi Cenderung Gagal Dalam Tes Menyetir

Jakarta – Studi mengemukakan jika mereka yang berpendidikan tinggi justru cenderung lebih sering gagal dalam ...