Home > Ragam Berita > Nasional > Caleg Baru Golkar Dilarang Keras Melakukan Poligami

Caleg Baru Golkar Dilarang Keras Melakukan Poligami

Bandung – Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Golkar Jawa Barat akan membuka pendaftaran bakal calon anggota legislatif (caleg) pada tanggal 1 Mei 2017 lalu. Pendaftaran dibuka hingga 27 Juli 2017 mendatang.

Caleg Baru Golkar Dilarang Keras Melakukan Poligami

Golkar

Aneka persyaratan formal yang sesuai dengan peraturan organisasi partai berlambang pohon beringin tersebut pun harus dipenuhi oleh para bakal calon tersebut. Ditambah, khusus untuk Partai Golkar Jawa Barat, rupanya menerapkan syarat khusus.

Nantinya, para bakal calon anggota legislatif yang mendaftarkan kepada partai yang dipimpin Dedi Mulyadi ini, dilarang keras melakukan poligami. Lebih dari itu, pakta integritas berisi tentang komitmen untuk tidak memiliki istri lagi saat terpilih menjadi anggota DPRD juga turut menjadi syarat lanjutan.

“Syarat ini kami berlakukan karena banyak orang yang sudah jadi anggota dewan itu menceraikan istrinya dan menikah lagi dengan wanita lain. Kalau pun mau tambah istri ya silakan ikuti prosedur, ada surat izin resmi dari istri pertama dan KUA. Ini mah untuk pencegahan saja,” jelas Dedi, Rabu (3/4/2017) sore di Sekretariat DPD Partai Golkar Jawa Barat, Jalan Maskumambang, Kota Bandung.

Selain itu, syarat tidak memiliki kelainan orientasi seksual seperti Lesbian, Gay, Biseksual dan Transgender (LGBT) pun diberlakukan oleh Partai Golkar Jawa Barat kepada personalia yang akan mendaftar menjadi calon anggota legislatif melalui partai ini.

Tak berheti sampai di situ, personalia tersebut harus bebas narkoba dan tidak memiliki bisnis hitam, seperti illegal logging, penambangan liar dan usaha lain yang bersifat merusak alam dan lingkungan.

Walau syarat diatas berada diluar aturan partai secara formal, Dedi menilai syarat tersebut patut diberlakukan dalam rangka menjaga marwah partai dan marwah pribadi anggota DPRD.

Baca juga: RPTRA Akan Digunakan Para Jomblo Berkumpul, Ini Komentar Ahok

“Ini semua diluar syarat yang berlaku, tapi harus dipenuhi. Silakan kepada seluruh anggota masyarakat yang berminat untuk mendaftar di kantor DPD Partai Golkar Kabupaten/Kota,” pungkasnya. (Yayan – www.harianindo.com)

x

Check Also

Jokowi Janjikan Asrama 3 Lantai Untuk Santri Ponpes Darussalam

Jokowi Janjikan Asrama 3 Lantai Untuk Santri Ponpes Darussalam

Ciamis – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menjanjikan pembangunan asrama bagi para santri Pondok Pesantren (Ponpes) ...