Home > Gaya Hidup > Kesehatan > Perkuat Tulang dengan Lari 1 Menit Saja Setiap Hari

Perkuat Tulang dengan Lari 1 Menit Saja Setiap Hari

Jakarta – Studi menunjukkan jika berlari sebentar dapat meningkatkan kesehatan tulang. Berlari merupakan aktivitas fisik berintensitas tinggi dan tergolong latihan beban.

Perkuat Tulang dengan Lari 1 Menit Saja Setiap Hari

Ilustrasi

Temuan itu menunjukkan, bahwa wanita yang rata-rata berlari selama 60 hingga 120 detik setiap hari memiliki kesehatan tulang yang lebih baik sebesar empat persen dibandingkan mereka yang melakukannya dalam wakti kurang dari satu menit. Sementara itu, mereka yang berlari lebih dari dua menit memiliki kesehatan tulang enam persen lebih baik.

“Kami belum tahu apakah lebih baik mengakumulasi waktu yang singkat ini sekaligus dalam satu waktu, dan juga olahraga lebih lama satu atau dua hari dalam seminggu sama baiknya dengan lari satu sampai dua menit dalam sehari,” ungkap pemimpin studi Victoria Stiles dari University of Exeter seperti dilansir dari metrotvnews.com, Rabu (19/7/2017).

Meski demikian, penelitian yang dipublikasikan dalam International Journal of Epidemiology tersebut menemukan adanya hubungan yang jelas antara olahraga tersebut dengan kesehatan tulang pada wanita.

“Terlihat bahwa lari satu sampai dua menit perhari baik untuk kesehatan tulang,” lanjutnya.

Kesehatan tulang yang baik dapat mengurangi risiko penyakit tulang seperti osteoporosis dan retak tulang pada usia senja.

Penelitian itu melibatkan lebih dari 2.500 wanita dan membandingkan tingkat aktivitas (diukur dengan monitor pada pergelangan tangan) serta kesehatan tulang (diukur dengan scan ultrasound pada tulang tumit).

Stiles pun merekomendasikan untuk mulai meningkatkan aktivitas berjalan terlebih dahulu pada orang yang tertarik untuk meningkatkan tingkat aktivitas dari hari ke hari.

Baca juga: Awet Muda dengan Bermain Teka-teki Silang

“Selanjutnya, kami menyarankan lari beberapa langkah seperti saat Anda mengejar bus,” pungkasnya. (Yayan – www.harianindo.com)

x

Check Also

Obat untuk Diabetes Tipe 2 Telah Ditemukan

Obat untuk Diabetes Tipe 2 Telah Ditemukan

Jakarta – Benarkah diabetes tidak dapat disembuhkan? Jika dahulu penyakit kronis ini seringkali disebut sebagai ...