Home > Ragam Berita > Nasional > Ahok Belum Mendapat Remisi di HUT RI Ke-72

Ahok Belum Mendapat Remisi di HUT RI Ke-72

Jakarta – Dengan adanya peringatan hari kemerdekaan Indonesia pada 17 Agustus 2017, para narapidana di seluruh lembaga permasyarakatan dan rumah tahanan mendapatkan remisi.

Ahok Belum Mendapat Remisi di HUT RI Ke-72

Nah yang menarik untuk dibahas adalah apakah mantan Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok, yang saat ini berstatus sebagai narapidana kasus penodaan agama juga mendapatkan remisi?

Arpan selaku Plt Kepala Lapas Kelas IIA Salemba berkata, “Ahok kan ditahan dari bulan Mei. Mei ke Agustus belum enam bulan, jadi belum bisa dapat remisi,”

“Total ada 3.904 napi yang dapat remisi di seluruh Lapas dan Rutan. Kalau sudah enam bulan pidana, bisa dapat remisi satu bulan. 12 bulan, dapat remisi dua bulan, dan seterusnya begitu,” jelasnya.

Meski demikian, ia tidak menutup kemungkinan adanya remisi yang bisa didapatkan Ahok. Terlebih, Ahok dan narapidana lain juga bisa mendapatkan remisi 15 hari khusus keagamaan.

“Ada syarat tertentu untuk bisa remisi. Kelakuan harus baik, dan kalau pidana harus minimal enam bulan dulu. Ahok bisa nanti dapat remisi 15 hari khusus untuk keagamaan, tapi itu juga setelah enam bulan pidana,” tuturnya.

Sementara itu, Menteri Hukum dan HAM, Yasonna H Laoly, menegaskan bahwa Ahok belum memenuhi syarat formal untuk mendapatkan remisi di HUT RI ke-72 tahun ini, yakni menjalani tahanan selama enam bulan.

Kendati begitu, senada dengan Arpan, Yasonna juga masih mempertimbangkan pemberian remisi kepada Ahok. Karena selain syarat harus enam bulan ditahan, syarat lain yang harus dipenuhi narapidana untuk mendapatkan remisi menyangkut perilakunya selama dalam tahanan.

Ketika ditemui di kantor Kemenkumham, Yasonna berkata, “Apakah perilakunya baik tidak melanggar aturan di dalam? Selama ini, dia (Ahok) kooperatif enggak ada masalah ya,”

(Ikhsan Djuhandar – harianindo.com)

 

x

Check Also

Situs Ini Sebarkan Berita Hoax Lagi Tentang Myanmar

Situs Ini Sebarkan Berita Hoax Lagi Tentang Myanmar

Jakarta – Lagi-lagi berita hoax soal Myanmar kembali dengan mudahnya menyebar di dunia maya. Kali ...