Home > Gaya Hidup > Tips > Inilah Beberapa Langkah untuk Kendalikan Diabetes

Inilah Beberapa Langkah untuk Kendalikan Diabetes

Jakarta – Diabetes adalah salah satu jenis penyakit mematikan. Diabetes dijuluki sebagai “mother of all the diseases” yang menjadi awal munculnya berbagai macam penyakit komplikasi, seperti jantung, kerusakan syaraf, dan ginjal.

Inilah Beberapa Langkah untuk Kendalikan Diabetes

Karena itu, penyakit ini tak bisa dianggap remeh karena bisa mengakibatkan kematian. Bagi Anda yang sudah terlanjur mengidapnya, terdapat lima cara untuk membantu mengontrol penyakit tersebut:

1. Bergabung dalam komunitas dan aktif mencari informasi perawatan diabetes
Komunitas penyandang diabetes akan sangat membantu dalam mengontrol penyakit ini. Anda akan merasa tidak sendirian dalam melawan diabetes. Kehadiran komunitas juga sebagai alarm pengingat Anda untuk senantiasa mengontrol diabetes. Disarankan, dalam komunitas tersebut juga terdapat ahli diabetes, ahli gizi, ahli endokrin, podiatris, psikolog, atau terapis untuk memudahkan kontrol ataspenyakit diabetes.

2. Kendalikan berat badan
Kelebihan berat badan merupakan salah satu pendorong utama epidemi diabetes. Oleh karena itu, sangat disarankan penyandang diabetes dapat menjaga indeks masa tubuh ideal.

3. Aktif olahraga
Penyandang diabetes dianjurkan rutin berolahraga, yaitu tiga kali seminggu dengan durasi 30-60 menit. Olahraga akan membantu menurunkan kadar gula darah, meningkatkan kesehatan jantung, menurunkan tekanan darah, dan membantu insulin bekerja lebih baik.

4. Hindari stres
Diabetes berhubungan erat dengan stres. Sebab, stres meningkatkan glukosa darah dan memperbesar risiko serangan jantung. Sebagian orang memilih merokok untuk meredakan stres. Cara ini dilarang, karena menghisap tembakau memengaruhi paru-paru dan mempersempit pembuluh darah.

5. Atur pola makan
Ingat, pola makan yang tidak sehat menjadi penyebab utama diabetes.Jika sudah terjangkit, Anda harus mengontrol pola makan. Penyandang diabetes disarankan makan makanan yang mengandung seratt inggi, seperti buah-buahan, sayur, dan gandum utuh. Anda juga harus mengontrol asupan karbohirat dan menghilangkan kebiasaan konsumsi makanan dan minuman manis.
(Tita Yanuantari – harianindo.com)

x

Check Also

Hati-Hati, Kerap Mengunyah Permen Karet Timbulkan Dampak Negatif

Hati-Hati, Kerap Mengunyah Permen Karet Timbulkan Dampak Negatif

Jakarta – Sejumlah orang sangat menggilai aktivitas mengunyah permen karet. Hal tersebut memang bisa menimbulkan ...