Home > Gaya Hidup > Tips > Inilah Beberapa Manfaat Merica untuk Kesehatan

Inilah Beberapa Manfaat Merica untuk Kesehatan

Jakarta – Bagi mereka yang memang menyukai rasa pedas, menambahkan bumbu merica pada makanan adalah hal yang biasa. Namun ternyata, penambah rasa pedas tersebut tak hanya berguna untuk menambah cita rasa, namun juga baik dari segi kesehatan.

Inilah Beberapa Manfaat Merica untuk Kesehatan

Berikut adalah beberapa manfaat super merica untuk meringankan atau mengurangi gejala beberapa penyakit:

1. Penyakit Parkinson
Sebuab studi yang dipublikasi pada tahun 2012 mengungkapkan bahwa kandungan aktif dalam merica yang bernama piperine membantu menghentikan enzim penghancur dopamin, sebuah jenis neurotransmitter yang banyak berkurang pada penderita Parkinson.

2. Penyakit Alzheimer
Sebuah studi yang dipublikasikan dalam Journal of Alzheimer’s Disease tahun 2012 menemukan bahwa lada hitam dapat membantu mencegah penyakit otak degeneratif, salah satunya Alzheimer.

3. Depresi
Jika akhir-akhir ini Anda merasa tak bersemangat, kemungkinan Anda kekurangan kimia kebahagiaan bernama serotonin. Sebuah studi menemukan bahwa kandungan piperine falam merica membantu mengeluarkan kimia yang dapat membuat suasana hati membaik dan menyingkirkan rasa sedih.

4. Kejang
Sebuah studi yang dipublikasi dalam Biological and Pharmaceutical Bulletin tahun lalu menemukan bahwa kandungan piperine dalam merica dapat mengontrol aliran kalsium sehingga sel saraf bisa mengeluarkan neurotransmitter. Penemuan tersebut juga menemukan bahwa konsumsi lada hitam membantu melindungi sel saraf.
(Tita Yanuanatri – harainindo.com)

x

Check Also

Hati-Hati, Kerap Mengunyah Permen Karet Timbulkan Dampak Negatif

Hati-Hati, Kerap Mengunyah Permen Karet Timbulkan Dampak Negatif

Jakarta – Sejumlah orang sangat menggilai aktivitas mengunyah permen karet. Hal tersebut memang bisa menimbulkan ...