Home > Gaya Hidup > Tips > Hati-Hati, Abaikan Sarapan Pagi Dapat Menimbulkan Risiko

Hati-Hati, Abaikan Sarapan Pagi Dapat Menimbulkan Risiko

Jakarta – Kebiasaan sarapan sering di abaikan karena alasan waktu yang mepet, dan harus cepat segera sampai ke tempat kerja atau sekolah. Disebabkan karena sarapan pagi dirasa tidak ada pengaruhnya untuk kesehatan, malah jadi kebiasaan yang sering dipelihara oleh rata-rata orang, mereka enggan untuk makan pagi.

Hati-Hati, Abaikan Sarapan Pagi Dapat Menimbulkan Risiko

Padahal, ada resiko bagi kesehatan yang cukup berat yang dihadapi. Sarapan pagi tak sekedar mengisi perut kosong saja, tetapi sarapan pagi pun juga memberi nutrisi dan tenaga untuk menjalankan aktifitas sepanjang hari.

Menurut penelitian ada beberapa penyakit kronis yakni obesitas. diabetes, dan penyakit jantung bila sering mengabaikan sarapan pagi. Minimal anda juga dapat mengalami maag atau masalah pencernaan.

Tetapi tidak hanya itu saja namun juga penyakit mengerikan seperti jantung sampai stroke pun dapat timbul ketika kita jarang sarapan pagi.

Peneliti dari Tufts University, India melakukan study menemukan beberapa fakta. Yakni saat Anda tidak sarapan pagi maka tubuh mengeluarkan enzim yang memicu terjadinya penyempitan pembuluh arteri. Ini karena tak ada karbohidrat dan makanan yang dapat diserap oleh tubuh.

Enzim yang lepas oleh tubuh itu juga dapat memicu pembentukan plak pada pembuluh arteri. Membiasakan melakukan sarapan pagi adalah hal untuk mencegah terjadinya penyakit kronis tersebut. Tak perlu makan berat jika memang tidak biasa. Konsumsi saja makanan kecil yang sehat seperti beberapa potong buah, sereal, jus buah, sebutir telur dan lainya. (Tita Yanuantari – harianindo.com)

x

Check Also

Hati-Hati, Kerap Mengunyah Permen Karet Timbulkan Dampak Negatif

Hati-Hati, Kerap Mengunyah Permen Karet Timbulkan Dampak Negatif

Jakarta – Sejumlah orang sangat menggilai aktivitas mengunyah permen karet. Hal tersebut memang bisa menimbulkan ...