Home > Gaya Hidup > New York Larang Penggunaan Rokok Elektrik di Ruang Publik, Bagaimana Indonesia?

New York Larang Penggunaan Rokok Elektrik di Ruang Publik, Bagaimana Indonesia?

Jakarta – Pemerintah kota New York akhirnya menerapkan aturan tegas terhadap penggunaan vape atau rokok elektrik. Mulai bulan depan , tidak diperbolehkan lagi penggunaan rokok elektrik di seluruh ruang publik di New York.

New York Larang Penggunaan Rokok Elektrik di Ruang Publik, Bagaimana Indonesia?

Sebelumnya memang telah diberlakukan aturan serupa di tempat-tempat tertentu, namum dengan dikeluarkannya aturan baru ini maka sanksi hukum bagi yang melanggar akan lebih kuat.

Menurut Gubernur New York Andrew Cuomo, aturan ini dikeluarkan sebagai langkah pencegahan karena belum banyak aturan yang ada terkait penggunaan produk ini, padahal penggunanya semakin meluas.

“Produk ini sering dijual sebagai alternatif yang lebih sehat dibandingkan rokok, tapi nyatanya ia juga memiliki risiko kesehatan jangka panjang bagi pengguna dan orang sekitar. Ini adalah upaya menutup celah hukum untuk menciptakan masyarakat New York yang lebih sehat dan kuat,” kata Andrew Cuomo seperti dikutip dari BBC, Minggu (29/10/2017).

Lantas bagaimana dengan Indonesia yang penggunaan rokok elektrik ini bahkan telah sampai ke siswa-siswa Sekolah Dasar?

Hingga saat ini belum ada aturan resmi terkait hal ini meskipun Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) pernah merencanakannya pada 2014 lalu.

Menurut Kepala Sub Direktorat Pengawasan Rokok, Direktorat Pengawasan NAPZA Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM), Dra Lela Amelia, Apt, M.Epid, di Indonesia sendiri impor vape masih dikategorikan sebagai barang elektronik, bukan produk kesehatan.

“Sehingga produk itu dijual bebas tanpa cukai, tanpa label peringatan, tanpa label bahaya dan tanpa standarisasi. Kenapa? Karena belum ada regulasinya, belum ada kategori si rokok elektrik ini masuk kategori apa di Indonesia,” pungkas Lela.
(samsul arifin – harianindo.com)

x

Check Also

Hasil Penelitian : Minuman Berenergi Berakibat Buruk Bagi Jantung dan Kesehatan Mental

Hasil Penelitian : Minuman Berenergi Berakibat Buruk Bagi Jantung dan Kesehatan Mental

Jakarta – Selama ini minuman berenergi yang mengandung gula dan kafein sering dikonsumsi karena dipercaya ...