Home > Ragam Berita > Nasional > Deddy Mizwar : Angka Kemiskinan di Jabar Terus Menurun

Deddy Mizwar : Angka Kemiskinan di Jabar Terus Menurun

Bogor – Wakil Gubernur Jawa Barat, Deddy Mizwar dalam rakor Tim Koordinasi Penanggulangan Kemiskinan (TKPK) wilayah I di Kota Bogor, Rabu, mengingatkan perlunya untuk penguatan kelembagaan dalam pencapaian program pengurangan angka kemiskinan.

Deddy Mizwar : Angka Kemiskinan di Jabar Terus Menurun

“Angka kemiskinan di Jawa Barat secara perlahan terus turun dari tahun ke tahun,” kata Deddy pada Kamis (31/8/2017).

Dia mengatakan, dari data yang ada, angka kemiskinan Jawa Barat mengalami penurunan 0,7 persen. Tahun sebelumnya mencapai angka 9,57 persen turun menjadi 8,77 persen di tahun ini.

“Meski begitu penurunan 0,7 persen tersebut belum sesuai dengan target Pemerintah Provinsi Jawa Barat yakni sebesar 1 persen per tahun,” katanya.

Menurut dia, adanya kesenjangan sebesar 0,3 persen dari target 1 persen per tahun pada pengurangan angka kemiskinan sudah bisa terevaluasi dengan baik. Saat ini Pemprov Jawa Barat sudah memiliki data by name by address yang terkelola di Balai Pengembangan Pembangunan Potensi Daerah.

Dengan adanya pengelolaan data tersebut, sehingga angka kemiskinan tidak lagi ada yang fiktif, tetapi terukur dan menyentuh langsung ke masyarakat. Sebelumnya, dari data yang dihasilkan, ada keluarga miskin yang belum tersentuh oleh program pengentasan kemiskinan.

Baca juga: Deddy Mizwar : Angka Kemiskinan di Jabar Terus Menurun

Ketidakadilan tersebut, lanjutnya, menunjukkan pemerintah belum serius mengurus rakyat miskin. Sesuai dengan tujuan pembangunan yang sesungguhnya adalah untuk masyarakat yang tidak mampu. Bukan untuk membuat yang kaya makin kaya.

“Kalau kita sekarang tidak sungguh-sungguh bersinergi dan berkoordinasi mengurus warga miskin, ini dosa besar,” katanya. (Tita Yanuantari – harianindo.com)

x

Check Also

Anies Berikan Tanggapan Terkait MA Vonis Dishub DKI

Anies Berikan Tanggapan Terkait MA Vonis Dishub DKI

Jakarta – Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan menegaskan, pihaknya akan memenuhi putusan Mahkamah Agung ...


Warning: A non-numeric value encountered in /srv/users/serverpilot/apps/harianindo/public/wp-content/plugins/mashshare-sharebar/includes/template-functions.php on line 135