Jakarta – Ketua Badan Anggaran DPR Aziz Syamsuddin disebut akan segera dilantik sebagai Ketua DPR yang baru menggantikan Setya Novanto setelah adanya surat pengunduran diri Novanto sebaga Ketua DPR dan menunjuk Aziz Syamsuddin sebagai penggantinya.

Ditunjuk Sebagai Ketua DPR Gantikan Setya Novanto, Aziz Syamsuddin Segera Dilantik

Hal ini dibenarkan oleh Wakil Ketua Dewan Pakar Partai Golkar Mahyudin di sela-sela acara sosialisasi Empat Pilar MPR di Kabupaten Penajam Passer Utara, Kalimantan Timur, Minggu (10/12/2017).

“Memang sudah diteken beberapa hari lalu. Sekarang pun sudah diproses, mungkin sebentar lagi dilantik,” kata Mahyudin.

Terkait penunjukkan langsung oleh Setya Novanto, menurut Mahyudin hal itu adalah wajar karena Setya Novanto masih menjabat sebagai Ketua DPR dan jabatan tersebut memang adalah jatah dari Golkar.

“Itu hak prerogatif Ketua Umum. Apalagi ini kondisinya kan enggak normal, bukan kondisi biasa, jadi sah-sah saja,” kata Mahyudin.

“Tapi sekarang kan kondisinya tidak normal. Tidak masalah Ketua Umum menunjuk langsung Ketua DPR penggantinya,” tambahnya.

Soal sosok Aziz Syamsuddin, Mahyudin menilai kapabilitas Aziz untuk menjadi Ketua DPR tidak perlu diragukan lagi.

“Aziz itu bukan orang kemarin sore. Aziz sekarang Ketua Badan Anggaran DPR, sebelumnya pernah menjadi ketua komisi. Wajar kalau sekarang naik jadi Ketua DPR,” tandas Mahyudin.
(samsul arifin – www.harianindo.com)