Home > Ragam Berita > Nasional > KPK Imbau Anies Baswedan Segera Laporkan Hadiah dari Delegasi Afrika

KPK Imbau Anies Baswedan Segera Laporkan Hadiah dari Delegasi Afrika

Jakarta – Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Saut Situmorang mengingatkan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan untuk segera melaporkan penerimaan hadiah berupa tongkat dari delegasi Afrika pada acara penutupan Multaqo (Pertemuan) Ulama dan Dai se-Asia Tenggara, Afrika, dan Eropa kelima.

KPK Imbau Anies Baswedan Segera Laporkan Hadiah dari Delegasi Afrika

“Sebaiknya sih dilaporkan karena itu dia menerimanya kapasitasnya sebagai apa? Nanti itu kan lebih wise (bijaksana). Nanti publik juga akan menilai,” kata Saut di gedung Merah Putih KPK, Jakarta, Jumat (6/7/2018).

Menurut Saut, usai Anies melaporkan hadiah itu, KPK nantinya akan menilai apakah penerimaan hadiah tersebut menjadi milik negara atau tidak. Saut juga mengungkapkan, KPK pernah menangani laporan penerimaan hadiah para pejabat dari tokoh-tokoh keagamaan. Ia memastikan pihaknya akan menilai secara hati-hati dalam menilai setiap laporan penerimaan hadiah tersebut.

“Di hari-hari sebelumnya juga pejabat-pejabat kita (menerima) dari tokoh-tokoh yang sifatnya agama ada. Kita harus hati-hati juga,” kata dia.

Sebelumnya Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mendapatkan hadiah ketika menghadiri acara penutupan Multaqo (Pertemuan) Ulama dan Dai se-Asia Tenggara, Afrika, dan Eropa kelima yang diadakan di Hotel Grand Cempaka, Jakarta.

Hadiah tersebut berupa tongkat yang diberikan oleh delegasi Afrika. Menurut Anies, tongkat tersebut akan ia pajang di balkon Balai Kota sebagai tanda persahabatan antara Jakarta dan Afrika.

“Enggak tahu apa ya nama tongkatnya, saya dapat tongkat ini dari delegasi Afrika itu bawa banyak hadiah yang insya Allah saya akan taruh semua entar di Balai Kota sebagai tanda bahwa Indonesia punya sahabat, Jakarta punya sahabat dari Afrika,” kata Anies. (Tita Yanuantari – www.harianindo.com)

x

Check Also

Ridwan Kamil Tegaskan Bakal Lanjutkan Program Gubernur Sebelumnya

Ridwan Kamil Tegaskan Bakal Lanjutkan Program Gubernur Sebelumnya

Bandung – Ridwan Kamil melakukan serah terima jabatan dengan Penjabat Gubernur Jawa Barat Muhammad Iriawan ...