Home > Ragam Berita > Internasional > Erdogan Selenggarakan Peringatan Tahun Kedua Kudeta di Turki

Erdogan Selenggarakan Peringatan Tahun Kedua Kudeta di Turki

Ankara – Turki memperingati tahun kedua kudeta pada Juli 2016 yang diduga dilakukan oleh Organisasi Teroris Fetullah (FETO). Salah satu kegiatan peringatan tahun kedua kudeta berlangsung di Kedutaan Besar Turki di Washington, Amerika Serikat, Ahad 15 Juli 2018, waktu setempat.

Erdogan Selenggarakan Peringatan Tahun Kedua Kudeta di Turki

Sebagaimana diberitakan Anadolu pada Senin (16/7/2018), acara diawali dengan mengheningkan cipta selama satu menit, selanjutnya peserta upacara menyanyikan lagu kebangsaan nasional Turki.

Dalam pidatonya, Duta Besar Turki untuk AS Serdar Kilic mengatakan, pemimpin Turki yang dipilih sesuai konstitusi dan secara demokratis mendapatkan serangan dalam aksi kudeta oleh kelompok FETO. “Kudeta yang mereka lancarkan dilawan oleh rakyat Turki,” ucapnya.

Sementara itu Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan memperingati tahun kedua kudeta dengan cara mengikuti kegiatan keagamaan di sebuah masjid di Ankara, Ahad, sebelum menjadi tuan rumah makan siang bagi keluarga korban kudeta di Istana Presiden.

Gulf Times mengatakan dalam laporannya, pemerintah Turki menetapkan 15 Juli sebagai hari libur nasional sekligus peringatan hari kudeta di negeri itu. “Kami tidak akan melupakan dan tidak lupa peristiwa tersebut,” kata Erdogan dalam pidato sambutan makan siang di depan keluarga korban kudeta.

Baca juga: Trump : Uni Eropa Adalah Musuh Dalam Intervensi Diplomatik

Pada 15 Juli 2016, FETO dan pemimpin yang tinggal di pengasingan Amerika Serikat Fetullah Gulen dituding berada di balik kudeta berdarah di Turki. Akibat aksi tersebut setidaknya 251 orang tewas dan sedikitnya 2.200 orang cedera. Tudingan pemerintah Turki dibantah Gulen. (Tita Yanuantari – harianindo.com)

x

Check Also

Tiga Warga Yaman Tewas karena Serangan Udara Arab Saudi

Tiga Warga Yaman Tewas karena Serangan Udara Arab Saudi

Saada – Serangan udara koalisi pimpinan Arab Saudi di provinsi Saada, Yaman utara, Minggu (2/12/2018) ...


Warning: A non-numeric value encountered in /srv/users/serverpilot/apps/harianindo/public/wp-content/plugins/mashshare-sharebar/includes/template-functions.php on line 135