Home > Ragam Berita > Nasional > BMKG Peringatkan Gelombang Tinggi Hingga 2 Januari Mendatang

BMKG Peringatkan Gelombang Tinggi Hingga 2 Januari Mendatang

Jakarta – Baru-baru ini, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memperingatkan terkait dengan gelombang tinggi di beberapa di Tanah Air. Tak sedikit daerah yang berpotensi mengalami gelombang tinggi mulai hari ini, Ahad (30/12/2018) hingga Rabu (2/1/2019) mendatang.

BMKG Peringatkan Gelombang Tinggi Hingga 2 Januari Mendatang

“Dimohon kepada masyarakat yang tinggal dan beraktivitas di pesisir sekitar area yang berpeluang terjadi gelombang tinggi agar tetap selalu waspada,” kata Kepala Sub Bidang Analisa dan Prediksi Meteorologi Maritim BMKG, Zairo Hendrawan, dalam keterangan persnya, Ahad, 30 Desember 2018.

Tingginya gelombang tersebut, karena dipicu oleh pola tekanan rendah 1003 hPa dan 1007 hPa di Samudaera Hindia selatan Bali, Laut Sulu, dan Laut Cina Selatan. Pola angin di utara Indonesia umumnya bergerak dari barat laut menuju timur laut dengan kecepatan angin berkisar antara 5-30 knot. Sementara di selatan wilayah Indonesia umumnya angin bergerak dari barat daya menuju barat laut dengan kecepatan angin berkisar antara 5-25 knot.

Kecepatan angin tertinggi terpantau terjadi di Laut Cina Selatan, Perairan Kepulauan Natuna dan Kepulauan Anambas, Selat Sunda, Perairan utara dan selatan Pulau Jawa, Laut Jawa, Laut Arafuru, dan Perairan Yos Sudarso.

BMKG melanjutkan, terdapat risiko tinggi terhadap keselamatan pelayaran bagi perahu nelayan, kapal tongkang, kapal ferry, bahkan kapal besar seperti kapal kargo atau kapal pesiar. Selain itu BMKG juga meminta agar masyarakat yang berada di pesisir untuk tetap waspada.

(Ikhsan Djuhandar – www.harianindo.com)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

MUI Angkat Bicara Terkait Perusakan Makam di Magelang

MUI Angkat Bicara Terkait Perusakan Makam di Magelang

Jakarta – Perusakan puluhan nisan salib di sejumlah pemakaman umum di Kota Magelang, Jawa Tengah, ...


Warning: A non-numeric value encountered in /srv/users/serverpilot/apps/harianindo/public/wp-content/plugins/mashshare-sharebar/includes/template-functions.php on line 409

Warning: A non-numeric value encountered in /srv/users/serverpilot/apps/harianindo/public/wp-content/plugins/mashshare-sharebar/includes/template-functions.php on line 135