Jakarta – Tennis Indoor Senayan yang menjadi pusat peringatan Hari Buruh pada Rabu (1/5/2019) mulai dipadati oleh ribuan massa buruh dari sejumlah organisasi buruh.

Tennis Indoor Senayan Mulai Dipenuhi Ribuan Massa Buruh

Massa buruh dari Konfederasi Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (KSPSI) dan Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) terlihat berjalan kaki menuju Tennis Indoor Senayan sambil membentangkan spanduk bertuliskan tuntutan mereka.

“Tuntutannya mencabut PP 78 Tahun 2015 tentang kenaikan upah. Kesejahteraan kami sebagai kaum buruh dan kesehatan buruh,” kata koordinator lapangan Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia, Iyot, di lokasi acara, Rabu (1/5/2019).

Menurut Iyot, kenaikan upah buruh di bawah Rp 300 ribu per tahun dinilainya tidak bisa mensejahterakan para buruh.

“Bagaimana kami mau hidup layak. Gimana yang punya keluarga,” jelas Iyot.

Menurut rencana, calon presiden nomor 02 Prabowo Subianto, akan datang dan menyampaikan orasi politiknya.

Massa buruh berdatangan dari sejumlah tempat seperti Bekasi, Karawang, Purwakarta, Tangerang, Bogor, dan Sukabumi, dengan menggunakan bis.

Selain di Jakarta, peringatan May Day juga digelar oleh massa buruh di berbagai daerah, seperti Bandung, Semarang, Jepara, Yogyakarta, Gresik, Surabaya, Bogor, Tangerang, Cianjur, Sukabumi, Bekasi, Aceh, Medan, Makassar, Palu, Banjarmasin, Samarinda, Maluku, Lombok, dan Papua.
(samsularifin – harianindo.com)