Ceuta – Tersiar kabar bahwa terjadi insiden penembakan masjid di Ceuta, Spanyol. Penembakan yang terjadi pada dini hari tersebut dilakukan oleh dua orang pelaku yang bertopeng. Tidak ada korban luka dan korban jiwa dalam peristiwa tersebut.

“Tiga peluru menghantam sebuah masjid pagi ini,” ungkap juru bicara perwakilan pemerintah pusat Spanyol di Ceuta melalui AFP, Senin (24/06/2019).

Selain mengenakan topeng, para pelaku yang misterius tersebut diketahui mengendarai sepeda motor saat melakukan aksinya. Ditemukan tiga peluru yang ditembakkan mengenai masjid.

Meskipun termasuk wilayah kedaulatan Spanyol, namun Ceuta dan Melilla merupakan daerah kantong luar (eksklave) yang berada di kawasan Afrika Utara. Wilayah tersebut dikelilingi oleh Maroko dan berbatasan langsung dengan Laut Mediteran di utara.

Secara demografis, baik Ceuta maupun Melilla memiliki populasi Muslim yang cukup besar. Berdasarkan data dari Uni komunitas Islam Spanyol, 37.000 dari 85.000 penduduk Ceuta menganut agama Islam. (Elhas-harianindo.com)