Brasilia – Sebagai tuan rumah, Brasil dijadwalkan akan menjamu Argentina di laga semifinal Copa America 2019 pada Rabu (03/07/2019). Dari segi performa di Copa America, Brasil jelas lebih unggul dibandingkan Argentina.

Selain menjadi tuan rumah, keunggulan Brasil tak hanya di situ saja. Sepanjang perhelatan kompetisi, Brasil belum pernah menderita kekalahan. Mereka hanya mampu ditahan imbang oleh Venezuela pada pertandingan fase Grup A. Tim Samba pun juga berhasil lolos berkat adu penalti melawan Paraguay di kuarter final.

Tak seberuntung Brasil, Argentina pernah disangka tidak akan lolos dari babak penyisihan karen gagal mendapat kemenangan. Di laga pertama Grup B, Argentina tunduk atas Kolombia 0-2. Mereka juga tak mampu menuai kemenangan melawan Paraguay.

Keberuntungan Argentina muncul pada laga terakhir. Mereka berhasil unggul dengan skor 2-0 melawan Qatar sementara Paraguay digugurkan oleh Kolombia dengan skor 1-0. Barulah pada laga perempat final, Argentina meraup kemenangan lagi tatkala Lionel Messi dkk berhasil menundukkan Venezuela dengan skor 2-0. Meskipun demikian, performa Argentina masihlah belum spesial.

Berdasarkan statistik lima kali tatap muka, Brasil berhasil unggul tiga kemenangan dan hanya mendapat satu imbang. Sementara Argentina hanya mampu menang sekali.

Manager Argentina, Lionel Scaloni, nampaknya masih harus mengasah lini depannya. Dari empat laga, Argentina baru bisa mencetak lima gol. Sementara Messi hanya mencetak satu gol dari tendangan penalti.

Masalahnya, Brasil memiliki pertahanan belakang yang tak mudah ditembus. Kiper Alisson Becker lah resep utama Brasil untuk membangun benteng pertahanan yang kokoh. Hal ini semakin menyulitkan Lionel Messi apabila ia ingin memperbaiki catatannya di Piala Amerika.

Dengan menimbang dari sejumlah catatan, maka pantaslah apabila tuan rumah lebih diunggulkan sebagai juara daripada Argentina yang belum pernah mendapat gelar juara. (Elhas-harianindo.com)