Soal UN

Soal UN

Makassar – Pelaksaan Ujian Nasional memang seharusnya telah dilaksanakan pada Senin (15/4/2013) lalu, namun ada beberapa daerah yang terkendala masalah distribusi soal sehingga mengakibatkan Ujian Nasional terpaksa harus diundur.

Pada saat memantau UN di Sulawesi Selatan tepatnya di Makassar, Wakil Mendikbud Musliar Kasim memang mengakui adanya masalah dalam hal pendistribusian soal UN. Sehingga langkah efektif untuk menanggulangi masalah ini adalah dengan melakukan foto copy atas kekurangan soal yang ada.

Dimana menurut penuturan dari Musliar Kasim yang kala itu berada di SMA 1 Makassar, Kamis (18/4/2013) bahwa “ Pada dasarnya apabila terjadi masalah dalam pendistribusian soal, berdasarkan SOP maka soal dapat di foto copy. Sehingga apabila ada sekolah yang tidak kebagian, maka dapat memfotocopy dari sekolah terdekat.”

Namun jika memang hal tersebut juga tidak memungkinkan lagi untuk dilakukan, maka sekolah dapat menjadwal ulang dengan melakukan UN susulan. Dimana dengan soal yang berbeda dengan soal yang telah diberikan sebelumnya, lanjut Musliar Kasim.

Untuk Sulawesi Selatan sendiri, yang memiliki daerah terpencil seperti Kecamatan Bastem, Luwu memang diakui oleh Musliar Kasim tidak dapat menggelar UN serentak karena ketiadaan soal. Namun ketika disinggung mengenai masalah pendistribusian soal yang mengalami hambatan, Musliar Kasim mengatakan bahwa hal ini sebagai force majeure. “Sehingga dengan adanya masalah ini, maka jangan sampai melimpahkan ke pihak manapun. Karena pada dasarnya hal ini adalah sepenuhnya merupakan tanggung jawab Kementerian,” tandasnya.

Selain mengunjungi SMA 1, Wamendikbud juga memantau pelaksanaan UN di SMA Athira dan SMA 17 Makassar. Rombongan juga didampingi oleh Kepala Dinas Pendidikan Sulawesi Selatan Abdullah Jabar dan berlanjut menuju ke Posko UN di Universitas Hasanuddin. (Tita Yanuantari – www.harianindo.com)