Mengapa Square Enix Tidak Membuat FF VII HD RemakeTokyo – Director dari Final Fantasy VII, Yoshinari Kitase, yang saat ini menjabat sebagai produser franchise Final Fantasy, telah mengungkapkan kepada media tentang prospek ke depan untuk pengembangan game RPG legendaris Final Fantasy VII, dalam versi “HD Remake“, yang telah sejak lama diimpikan oleh para gamer di seluruh dunia. Seperti dilansir dari Gamespot (Senin, 17/2/2014), Kitase mengatakan bahwa sebenarnya, dirinya sangat bersedia untuk melakukan hal tersebut.

Kitase mengatakan bahwa jika ditanya secara personal, dirinya menjawab bersedia untuk mengembangkan versi remake dari RPG classic buatan tahun 1997 itu. Namun, dia menambahkan, untuk menuju ke sana, banyak aspek yang perlu dipertimbangkan.

Masalah utama untuk merealisasikan rpyek tersebut adalah ketersediaan staff/sumber daya manusia, dan tentu saja, budget. Kitase mengatakan bahwa saat ini dirinya sedang tidak termotivasi untuk memikul tanggung jawab besar untuk membuat ulang game yang versi orisinalnya saja itu sudah begitu dicintai, hingga saat ini. Meski dirinya mengatakan ingin melakukannya, dia harus mempersiapkan dirinya sebaik-baiknya, dan itu bukan hal mudah.

Kitase tidak yakin bahwa ketiga hal utama tadi (SDM, budget, dan kesiapan motivasi) akan mampu muncul dan terbangun secara bersamaan. Dia menekankan sekali lagi bahwa banyak hal yang diperlukan, banyak aspek yang perlu dipertimbangkan untuk merealisasikan proyek tersebut. Bahkan dirinya berani mengatakan, jika proyek remake FF VII benar akan terjadi, maka proyek tersebut akan menjadi proyek terbesar yang pernah dia kerjakan dalam karirnya. (Rani Soraya – www.harianindo.com)