Square Enix: Paket Langganan Adalah yang Paling Baik untuk MMOTokyo – Dalam dunia game online, atau MMO, dikenal beberapa jenis penawaran, yakni pay-to-play dimana player membayar sebelum bermain, atau berlangganan terlebih dahulu, dan free-to-play dimana pemain bebas bermain ecara gratis, meski beberapa konten di dalam game juga dapat didapatkan dengan cara membayar/membeli. Dilansir dari Gamespot (Minggu, 30/3/2014) pengembang game kenamaan asal Jepang, Square Enix, yang masuk ke dunia game MMO lewat gamenya Final Fantasy XIV Online: A Realm Reborn, berpendapat bahwa berlangganan atau subscription atau pay-to-play merupakan cara paling ideal untuk mendukung perkembangan MMO.

Producer Final Fantasy XIV Online: A Realm Reborn, Naoki Yoshida, mengatakan pada GamesIndustry International, bahwa banyak sekali jenis game MMO yang ditawarkan dengan format pay-to-play untuk dua bulan pertamanya, lalu berpikir mempertimbangkan bahwa hal tersebut tidak menjadi bisnis yang bagus, lalu mengubahnya menjadi free-to-play.

Ya, beberapa gamer di dunia, termasuk di Indonesia, tidak menyukai format pay-to-play, terutama karena tingginya biaya yang harus dikeluarkan dalam sekali waktu, yakni pada saat membayar biaya berlangganannnya di awal. Padahal, di dalam MMO dengan format free-to-play juga terdapat banyak sekali konten-konten in-game yang harus dibeli dengan uang nyata, menggunakan pulsa, “cash”, dan sejenisnya.

Yoshida menjelaskan lagi, game berbasis langganan tadi dapat memberikan aliran pendapatan yang stabil kepada perusahaan publisher maupun pengembang game MMO tersebut, sehingga perusahaan tersebut tetap dapat “membayar” tim pengembang terbaik yang bisa mereka dapatkan, yang mampu memberikan update-update maksimal dan membawa game tersebut semakin baik ke depannya.

Yoshida juga menjelaskan bahwa dengan free-to-play, pengembang akan dituntut untuk mendesain konten-konten dengan pertimbangan potensi keuntungan. Artinya, membuat desain dengan modal sesedikit mungkin untuk memperoleh keuntungan sebanyak mungkin. Yoshida mengatakan bahwa hal ini tentu akan memunculkan pertanyaan tentang siapa sebenarnya yang ingin dipuaskan dari game tersebut? Gamer, atau perusahaan? Bagaimana pendapat anda?

Final Fantasy XIV Online: A Realm Reborn akan rilis untuk PS4 pada 14 April 2014 mendatang. (Rani Soraya – www.harianindo.com)