Frozen Menjadi Film Animasi “Terbesar” dalam Sejarah Box Office

AP

California – Film animasi dari Disney, Frozen, telah menjadi film animasi dengan pendapatan terbesar dalam sejarah film animasi box office. Seperti dilansir dari BBC (Senin, 31/3/2014), film animasi musikal itu telah menghasilkan $1,072 miliar (Rp 12,8 triliun) secara global, mengalahkan rekor sebelumnya yang dipegang oleh Toy Story 3, yaitu sebear $1,063 miliar (Rp 12,7 triliun).

Frozen, yang secara umum memiliki cerita berdasarkan dongeng karya Hans Christian Andersen, berjudul The Snow Queen, atau Ratu Salju, mulai diputar di Amerika Utara pada 29 November 2013 lalu. Film tersebut berhasil meraup $398 juta (Rp 4,7 triliun) di Amerika Utara, ditambah $674 juta (Rp 8 triliun) dari seluruh dunia.

Film animasi tersebut berada di 10 besar daftar film terpopuler Amerika Serikat dan Kanada selam lebih dari tiga minggu. Film itu tidka hanya mencetak rekor di dunia film animasi, namun juga film box office secara umum. Frozen berhasil masuk ke jajaran 10 besar film dengan pendapatan terbanyak dalam sejarah box office secara umum.

Tak berhenti di sana, Frozen juga memenangkan dua piala Oscar tahun ini. Film itu memenangkan kategori “Best Animatied Feature” dan “Best Original Song”. Sebuah film animasi berkualitas tinggi yang dihasilkan oleh Disney.

Adapun Frozen mendapat saingan ketat dari film warner Bros dan Village Roadshow yang berjudul The Lego Movie. Film tersebut telah dirilis pada februari lalu, dan telah menghasilkan $400 juta (Rp 4,8 triliun) secara global. The Lego Movie tersebut juga belum diputar di seluruh dunia. Film ini baru akan diputar di Australia pada Kamis besok (3/4), dan di Jerman pada minggu depan. (Rani Soraya – www.harianindo.com)