Hasil Liga Champions: Bayern Munchen Singkirkan Manchester UnitedMunchen – Manchester United dipastkan mengakhiri musim 2013/2014 ini tanpa gelar menyusul tersingkirnya mereka pada ajang Liga Champions setelah tumbang dari tuan rumah Bayern Munchen di Allianz Arena Kamis dini hari tadi. Seperti dilansir dari BBC Sport (Rabu, 9/4/2014), setelah sebelumnya bermain 1-1 di Old Trafford, taktik da strategi David Moyes nampak tidak berubah. Setan Merah masih mengandalkan pertahanan ultra defensif dengan sesekali melakukan serangan balik ke Bayern.

Rapuhnya pertahanan Bayern membuat sejumlah peluang United sia-sia. Namun begitu juga sebaliknya. Kendati Die Roten sukses mengurung pertahanan United, tangguhnya duet bek sentral Rio Ferdinand dan Nemanja Vidic membuat Arjen Robben cs kesulitan. Bahkan di menit ke-17 tim tamu hampir saja unggul andai gol Antonio Valencia tidak dianulir wasit karena terlebih dahulu terjebak offside. Babak pertama berakhir 0-0.

Patrice Evra membuat Allianz Arena terdiam seketika ketika sepakan keras kaki kanannya dari luar kotak penalti berhasil mengoyak gawang Manuel Neuer di menit ke-57. Namun mental juara dari Bayern berbicara ketika dua menit kemudian mampu membuat gol penyeimbang dari tandukan Mario Mandzikic. Setelah gol ini, United terlihat lebih terbuka dan tidak lagi mengandalkan pertahanan.

Bukan Pep Guardiola namanya jika tidak bisa berpikir cepat dan mengubag strategi. Dengan memasukkan beberapa pemain baru, Bayern terlihat tampil lebih ofensif lagi. Mereka bahkan mampu berbalik unggul saat crossing mendatar Robben disambar Thomas Muller di menit ke-68. David de Gea hanya melihat bola meluncur ke dalam gawangnya.

Gol kedua tersebut seketika menghancurkan mental anak-anak United. Terlihat begitu mudah dan rapuhnya pertahanan mereka saat Robben melakukan tusukan khasnya beberapa saat setelah gol kedua Bayern. Winger asal Belanda tersebut pun sukses menceploskan bola untuk ketiga kalinya ke gawang De Gea dan sekaligus mempertegas dominasi tim tuan rumah.

3-1 bertahan hingga peluit panjang dan ini berarti Bayern unggul agregat 4-2 atas United dan berhak melaju ke semifinal. Bersama Real Madrid, Chelsea, dan Atletico Madrid. Pengundian akan dilakukan Jumat. (Choirul Anam – www.harianindo.com)