Thibaut Courtois Dapatkan Izin UEFA untuk Tampil Lawan ChelseaMadrid – Kekhawatiran Atletico Madrid untuk bertemu Chelsea di semifinal Liga Champions menjadi kenyataan, namun akhirnya Atletico dapat bernapas lega setelah UEFA memberikan sinyal hijau untuk Thibaut Courtois tampil membela Atletico pada saat semifinal nanti. Seperti dilansir dari Marca (Jumat, 11/4/2014), sebelumnya sempat dikabarkan jika ada ikatan dalam klausul kontrak peminjaman yang melarang Courtois bermain membela Atletico jika berhadapan dengan klub pemiliknya, Chelsea.

Seperti yang kita ketahui, sebelumnya Atletico sempat was-was jika bertemu The Blues. Pernyataan yang sempat dikeluarkan presiden Atletico, Enrique Carezo, menyebutkan jika kiper berkebangsaan Belgia itu boleh dimainkan asal Atleti bersedia membayar 3 juta Euro per leg kepada Chelsea, yang dianggap Carezo merupakan nominal yang mustahil bisa dibayar Atleti.

Namun setelah proses drawing semifinal LIga Champions pada Jumat (11/4) kemarin yang akhirnya mempertemukan Atletico Madrid dan Chelsea, UEFA merilis pernyataan resmi jika klausul semacam tersebut tidak berlaku di ajang Liga Champions. Pernyataan dari UEFA kurang lebih berbunyi jika Liga Champions dan Komisi Disiplin UEFA memiliki aturan yang jelas dan melarang tiap klub untuk mempengaruhi kemampuan klub lain di semua kompetisi UEFA. Oleh karena itu, pihak klub manapun tidak diperkenankan mengintervensi pemainnya yang sedang membela klub lain, berbagai ketentuan dalam klausul kontrak antara pemain dan kedua klub tidak berlaku di kompetisi yang digelar UEFA.

Singkatnya, jika Chelsea terbukti menerima uang dari Atletico, maka The Blues harus siap-siap menerima sanksi dari Liga Champions dan Komdis UEFA. Sementara pihak Chelsea yang menanggapi lewat Ron Gurlay, CEO, menegaskan jika Chelsea tidak mempermasalahkan keputusan UEFA tersebut. (Choirul Anam – www.harianindo.com)