Pencarian Pesawat MH370 Bisa Berlangsung Bertahun-tahun

Keluarga korban MH370.
Foto dari Reuters

Sidney – Seorang pejabat senior militer Amerika Serikat mengatakan bahwa proses pencarian pesawat MH370 bisa memakan waktu hingga bertahun-tahun. Seperti dilansir dari Reuters (Jumat, 25/4/2014), pernyataan yang terdengar pesimis tersebut muncul ketika pencarian bawah laut menggunakan robot yang sempat dilakukan beberapa saat lalu ternyata tidak juga memperoleh hasil, dan bisa dibilang gagal.

Sumber yang namanya tak ingin disebutkan tersebut mengatakan kepada Reuters bahwa usaha pencarian dengan menyisir dasar laut menggunakan robot kapal selam selama dua minggu ke belakang ini tidak berhasil menemukan puing pesawat MH370. Sumber tersebut mengatakan bahwa pihaknya telah melakukan penyisiran memeriksa area yang telah dipersempit, namun karena tidak berhasil, maka tim harus kembali mencari di area yang lebih luas.

Lebih luas area yang harus disisir dan diperiksa, tentu prosesnya akan semakin sulit dan lama. Oleh karena itu, bukan mustahil jika proses pencarian ini akan memakan waktu hingga tahunan.

Pada Jumat ini (25/4), robot Bluefin-21 akan menghentikan pencariannya selama 16 jam nonstop di kedalaman 4,5 km dari permukaan laut, dengan area pencarian dasar laut mencapai luas 10 km persegi. Area pencarian ini terletak 2000mil barat laut lepas pantai Perth.

Adapun area tersebut ditentukan berdasarkan analisa mengenai sinyal “ping” dari perangkat yang diduga kuat sebagai kotak hitam pesawat terbang. Di area tersebut, sempat tertangkap sinyal yang kuat, lebih kuat dari area-area lain di sekitar Samudera Hindia. Namun karena sinyal tersebut tak lagi terdengar, pencarian dengan robot penyelam pun dilakukan, yang juga ternyata tak membuahkan hasil. Hal ini tentu semakin membuat frustasi tidak hanya keluarga korban, namun juga tim pencari di lapangan yang telah bekerja demikian keras.

Baik pihak AS dan Malaysia akan segera berunding untuk menentukan langkah pencarian berikutnya. (Galang Kenzie Ramadhan – www.harianindo.com)