Spesifikasi Samsung Galaxy K Zoom, Diperkenalkan Secara Resmi di SingapuraSingapura – Samsung telah secara resmi memperkenalkan Galaxy K Zoom pada sebuah event spesial di Singapura pada Selasa 29 April 2014. Dan seperti dilansir dari Digital Trends (Selasa, 29/4/2014), ini merupakan usaha kedua Samsung untuk menghadirkan sebuah produk hybird dari smartphone dan kamera digital, setelah usaha pertamanya, S4 Zoom, yang dinilai kurang berhasil.

Samsung melepaskan “titel” S dari produk ini, yang menandakan bahwa Galaxy K Zoom merupakan produk mandiri, berdiri sendiri, dan bukan merupakan kelanjutan atau bagian dari seri S. Oleh karenanya, diharapkan bahwa K Zoom juga bakal terbebas dari bayang-bayang dan standar dari seri S tadi.

Seperti yang telah dirumorkan, Galaxy K Zoom tampil lebih ramping dan lebih ringan. Produk ini lebih pas di saku anda, dan terasa lebih “smartphone” dibandingkan pendahulunya yang berukuran relatif gemuk, lebih menyerupai pocket camera daripada smartphone.

Untuk fitur kamera, Galaxy K Zoom memiliki kamera 20,7 megapixel dengan sensor BSI CMOS, dengan kemampuan hingga 10x optical zoom (24-240mm). Kamera ini pun memiliki teknologi retraksi lensa untuk memperkuat performa pengambilan gambarnya. Selain itu, fitur stabilisasi gambar optik yang dimiliki oleh Galaxy S4 Zoom juga akan dihadirkan kembali.

Sebagai tambahan, kamera dari Galaxy K Zoom ini juga memiliki lensa f/3.1-6.3, dan jangkauan ISO mulai dari 100 hingga 3200. Terdapat pula sederet opsi mode dan filter yang mampu membuat hasil jepretan anda tampak seperti fotografer profesional. Adapun Galaxy K Zoom juga bisa membuat rekaman video hingga 1080p dan 60 fps, dengan tambahan aplikasi editing video di dalamnya.

Sebagai smartphone, Galaxy K Zoom memiliki layar Super AMOLED 4,8 inchi 1280×720, prosesor hexa-core Exynos chipset—terdiri atas sebuah quad-core 1,3 GHz dan sebuah dual-core 1,7 GHz, RAM sebesar 2GB, internal memory 8GB, yang bisa diperbesar menggunakan microSDXC cad hingga 64GB, dan ditenagai oleh baterai kuat 2.430 mAh. Galaxy K Zoom akan menjalankan OS Android 4.4 KitKat.

Samsung belum mengumumkan kapan produk ini akan rilis di pasaran serta berapa harga yang mereka tawarkan. (Rani Soraya – www.harianindo.com)