Posisi Liga Italia di Peringkat UEFA Digeser PortugalTurin – Kekalahan Juventus di semifinal Liga Europa dari Benfica ternyata berdampak signifikan pada peringkat Liga Italia Serie A dalam klasemen peringkat UEFA, posisi Liga Italia yang sebelumnya di peringkat empat harus rela digusur oleh Liga Portugal. Seperti dilansir dari Football-Italia (Jumat, 2/5/2014), musim depan Liga Italia Serie A dipastikan berada di urutan kelima peringkat UEFA, dibawah Liga Primer Inggris, La Liga Spanyol, Bundesliga Jerman dan Liga Portugal, sementara Ligue 1 Prancis dan Liga Rusia menguntit di posisi enam dan tujuh.

Namun penurunan ke peringkat lima tidak akan berdampak besar seperti yang terjadi pada musim 2012/13 ketika Serie A melorot ke posisi empat koefisien UEFA, disalip oleh Bundesliga, yang meyebabkan Serie A tak lagi dapat mengirim empat wakil ke Liga Champions, yang turun menjadi tiga wakil saja. Sekarang walaupun turun ke posisi lima, Serie A masih dapat mengirimkan tiga wakil ke Liga Champions.

Walaupun begitu, fakta ini pastinya akan menjadi tamparan keras bagi sepakbola Italia yang sejatinya berambisi untuk kembali meraih jatah mengirimkan empat klub di ajang Liga Champions. Dengan turun ke peringkat lima maka akan butuh waktu lebih lama untuk Italia kembali ke posisi tiga besar Eropa. Perlu diketahui jika peringkat UEFA dihitung berdasar sistem koefisien yang melihat performa klub-klub perwakilan Negara di ajang kompetisi Eropa. (Choirul Anam – www.harianindo.com)