Tiga Negara Akan Dapat Tambahan Jatah di Liga EuropaZurich – Musim depan akan ada tiga negara yang mendapatkan tambahan jatah tiket untuk berlaga di ajang kompetisi Liga Europa, tiga negara tersebut adalah Norwegia, Swedia dan Finlandia. Seperti dilansir dari FourFourTwo (Jumat, 9/5/2014), kabar tersebut datang beriringan dengan pengumuman terkait ranking dari UEFA Fair Play yang menempatkan Norwegia di urutan teratas, yang disusul oleh Swedia dan Finlandia yang secara berurutan menempati posisi dua dan tiga. Menyusul di peringkat empan dan lima adalah Prancis dan Inggris.

Sebagai hasilnya, tiap negara tersebut berhak mengirimkan satu klub untuk mengisi slot di fase kualifikasi Liga Europa, atau dalam hal ini tiap negara akan dapat mengirimkan satu perwakilan klub yang memenangkan penghargaan fair-play di liga domestic.

Ranking UEFA Fair Play berdasarkan dari pertandingan di semua kompetisi di bawah naungan UEFA, baik yang dilakukan oleh klub maupun level timnas, yang terhitung sejak 1 May 2013 hingga 30 April 2014. Kriteria yang masuk perhitungan dalam UEFA Fair Play adalah permainan positif, tingkat respek terhadap lawan, tingkat respek terhadap wasit dan perilaku yang ditunjukkan oleh supporter maupun ofisial klub.

Fase kualifikasi Liga Europa akan dimulai pada 3 Juli mendatang, dengan drawing yang telah dilakukan sebelumnya di tanggal 23 Juni. (Choirul Anam – www.harianindo.com)