KIA Luncurkan Versi Murah PicantoJakarta – Pada akhirnya produsen mobil KIA sedang mempersiapkan varian murah dari Picanto. Dengan memiliki label KIA Morning, rencananya mobil ini akan diluncurkan pada minggu depan.

Sebenarnya, KIA Morning ini adalah Picanto Morning. Karena mobil ini adalah jenis Picanto hanya saja ia memiliki mesin bensin 1.000 cc, tentunya hal ini sangat berbeda dengan Picanto yang saat ini menggunakan mesin 1.200 cc.

Undangan yang diterima oleh harianindo, Kamis (15/5/2014) terungkap bahwa KIA rencananya pada tanggal 20 Mei akan memperkenalkan varian terbarunya. Dengan demikian ini adalah perwujudan langkah dari KIA untuk dapat mengembangkan pangsa pasarnya. Dimana sebelumnya KIA telah ikut serta dalam mobil-mobil mungil dalam program Low Cost and Green Car (LCGC).

Dimana sebenarnya ini adalah merusak tatanan pasar city car yang telah ada sebelumnya. Namun sepertinya KIA Morning ini tidak akan ikut dalam mobil LCGC (Low Cost and Green Car), dengan membenamkan mesin 998 cc dengan 3 silinder yang dapat menghasilkan tenaga mencapai 69 dk dengan torsi 94 Nm.

Sedangkan untuk transmisinya menggunakan transmisi otomatis 4-speed dan manual 5-speed, walaupun sepertinya KIA Morning yang ada di Indonesia hanya menggunakan transmisi manual. Hal ini tidak lain bertujuan untuk menjaga harganya agar tidak terlalu dekat dengan harga Picanto.

Sehingga tidak terjadi kanibalisme antara kedua varian KIA ini. Untuk fiturnya, menggunakan 6 airbags, Hill Assist Control (HAC) serta Electronic Stability Control (ESC). Namun sepertinya untuk varian yang ada di Indonesia semua fitur ini belum tentu ada, namun untuk lebih tahu kepastiannya Anda dapat menanti sampai tanggal 20 Mei 2014. (Galang Kenzie Ramadhan – www.harianindo.com)