Apple Resmi Akuisisi Beats Electronics Senilai Rp. 34,8 T

Dr. Dre dan Jimmy Lovine (Pendiri Beats Electronics)

California – Dalam hitungan beberapa minggu setelah menjajaki nilai kesepakatan akuisisi dengan Beats Electronics, akhirnya Apple secara resmi mengumumkan telah mencapai kesepatakan dengan perusahaan audio kalangan atas tersebut dengan nilai akuisisi mencapai USD 3 Miliar atau setara dengan Rp. 34,8 Triliun.

Seperti dilansir dari Ubergizmo (Rabu, 28/5/2014), pihak Apple memang belum mengungkapkan apa rencana ke depan mereka, namun yang pasti mereka akan memperkuat layanan streaming Beats Music dan Beats Audio yang telah memiliki nama besar dengan produk speaker dan headphone yang ditujukan untuk pangsa pasar kalangan atas, bahkan termasuk selebriti dunia.

CEO Apple, Tim Cook, mengungkapkan jika akuisisi ini terjadi karena Apple menganggap musik sebagai bagian terpenting dalam kehidupan manusia, itulah sebabnya Apple akan terus berinvestasi di bidang perkembangan musik dengan menyatukan tim-tim luar biasa untuk mewujudkan hal tersebut, Beats merupakan salah satu bagian dari rencana jangka panjang tersebut.

Di dalam kesepakatan juga menyebutkan jika pendiri Beats, Jimmy Lovine dan Dr. Dre nantinya akan bergabung menjadi ‘karyawan’ Apple, meskipun peran mereka sendiri di dalam perusahaan belum ditentukan. Pihak Apple berharap kesepakatan ini akan segera beres sepenuhnya di akhir tahun karena masih menunggu persetujuan dari regulator. Beats Electronics sendiri telah didirikan sejak tahun 2008 dan telah menjelma menjadi salah satu nama besar di industry musik dunia. Di lain pihak, kerjasama Beats dengan HP juga akan segera berakhir di akhir tahun 2014 ini. (Choirul Anam – www.harianindo.com)