Ford Perkenalkan Teknologi “Adaptive Steering”Michigan – Sebagai salah satu raksasa otomotif di Amerika, Ford tak henti menghasilkan inovasi baru dalam berkendara. Kabar paling anyar menyebutkan jika pabrikan mobil yang bermarkas di Dearborn, Michigan, telah memperkenalkan ke publik terkait teknologi baru yang dinamakan “Adaptive Steering”, yang diperuntukkan untuk menambah kenyamanan dan tingkat keamanan saat berkendara mobil.

Seperti dilansir dari InAutoNews (Senin, 2/6/2014), teknologi yang dikembangkan Ford bersama salah satu suppliernya, Takata Inc., diharapkan dapat membuat kendaraan menjadi lebih mudah dioperasikan saat berada dalam kecepatan rendah dan meningkatkan presisi dalam kecepatan tinggi. Teknologi “Adaptive Steering” menggunakan actuator yang dapat mengontrol presisi untuk mengubah fixed ratio yang biasanya dan akan memudahkan dalam memindahkan gear yang dibutuhkan untuk menjalankan roda depan, jadi membuat mobil serasa semi-automatic.

Raj Nair, vice president dari Ford Group, mengungkapkan jika teknologi “adaptive steering” ditujukan untuk membuat kendaraan apapun menjadi lebih mudah bermanuver dan lebih menyenangkan untuk dikendarai.

Dalam kecepatan tinggi misalnya, sistem dari “adaptive steering” dirancang untuk memperhalus respon dari stir, yang memungkinkan peningkatan presisi untuk meningkatkan keamanan dan kenyamanan dalam berkendara. Teknologi baru ini akan segera dilepas ke pasaran mulai tahun depan, dengan kemungkinan kendaraan Ford edisi lawas juga memungkinkan untuk dilakukan upgrade untuk menggunakan teknologi baru ini. Namun sayangnya pihak Ford belum mengkonfirmasi mobil keluaran baru apa saja yang sudah akan dilengkapi oleh teknologi ini dan terkait harga juga belum ada info lebih lanjut. (Choirul Anam – www.harianindo.com)