Obama akan Bertemu Presiden Baru Ukraina di Warsawa

Presiden Obama di Warsawa, Polandia.
(sumber foto: AFP)

Washington – Presiden Amerika Serikat, Barack Obama, mengatakan bahwa dirinya akan segera bertemu dengan Presiden Ukraina yang baru saja terpilih, Petro Poroshenko di Warsawa, Polandia. Seperti dilansir dari BBC (Rabu, 4/6/2014), keduanya akan membicarakan dukungan ekonomi untuk Ukraina.

Presiden Obama sebelumnya telah mengatakan bahwa pihak AS akan menawarkan bantuan untuk permasalahan hutang gas alam Ukraina kepada Rusia. Akibat hutang besar dan tak kunjung terbayar tersebut, perusahaan gas alam Rusia, Gazprom, mengancam akan menghentikan suplai gas alamnya ke Ukraina.

Obama akan Bertemu Presiden Baru Ukraina di Warsawa

Presiden Ukraina, Petro Poroshenko (kanan), telah bertemu dengan Menteri Luar Negeri AS, John Kerry.
(sumber foto: Reuters)

Bantuan ekonomi tersebut ditujukan agar Ukraina bisa melewati musim dingin tahun ini, seandainya suplai gas alam Rusia benar-benar dihentikan. Dengan kondisi alam yang begitu keras di musim dingin Eropa Timur, penggunaan gas alam untuk alat pemanas di Ukraina sangatlah vital.

Adapun keberadaan Presiden Obama di Polandia nanti bertujuan untuk memenuhi undangan perayaan 25 tahun berakhirnya komunisme di sana. Agenda kunjungan tersebut ditambah dengan pertemuan diskusi dengan Presiden Poroshenko karena semakin peliknya masalah yang dialami Ukraina.

Pihak AS juga meyakinkan Ukraina bahwa Washington akan mendukung Kiev terhadap aksi “provokasi” apapun yang dilakukan Rusia. Selasa kemarin (3/6), Presiden Obama telah mengajukan dana 1 miliar dollar untuk meningkatkan penerjunan dan penyebaran kekuatan militer di Eropa sebagai respon dari memanasnya hubungan antara Rusia dan Ukraina.

Saat ini Presiden Obama tengah melakukan kunjungan kenegaraan ke tiga negara di Eropa. Selain ke Polandia untuk perayaan tadi, dirinya dijadwalkan menuju ke Belgia untuk pertemuan negara industri G7, lalu dilanjutkan lagi menuju ke Perancis untuk peringatan “D-Days”, yaitu hari penerjunan pasukan Sekutu pertama kali di Pesisir Normandia, Perancis, pada Perang Dunia II untuk melawan pasukan Jerman Nazi. (Galang Kenzie Ramadhan – www.harianindo.com)