Apple Akuisisi Aplikasi Search Engine Berbasis Peta dan Sosial, SpotsetterCalifornnia – Terlepas dari spekulasi kapan dirilisnya iWatch, baru-baru ini Apple dikabarkan telah mengakuisisi satu perusahaan bernama Spotsetter, yaitu perusahaan yang baru berkembang dan berada di balik aplikasi map service berbasis sosial. Seperti dilansir dari NDTV (Senin, 9/6/2014), selama ini Apple memang telah dirumorkan diam-diam mengincar teknologi yang diusung dua pendiri Spotsetter, Stephen Tse dan Jonny Lee. Stephen Tse sendiri memiliki background sebagai mantan pegawai Google.

Spotsetter saat ini telah memiliki lebih dari 5 juta pengguna dan 40 juta venue yang tersimpan, selain itu aplikasi map service ini memiliki fitur yang memungkinkan pengguna memberi rekomendasi tempat-tempat (venue) yang asik dikunjungi. Spotsetter dijalankan dengan menggunakan algoritma untuk menarik data-data dari media sosial seperti Facebook, Twitter, Instagram dan Foursquare. Data dari media sosial tersebut kemudian disinkronisasikan dengan Trip Advisor, Yelp dan Zagat yang akhirnya memungkinkan pengguna memberikan rekomendasi terkait tempat yang layak dituju. Dengan akuisisi ini tampaknya Apple inging mengembangkan aplikasi map mereka agar tampil lebih interaktif dan ‘sosial’.

Sejak dirilis pertama kalinya 10 bulan lalu, Spotsetter telah mendapat keuntungan 1,3 juta USD. Setelah Apple mengakuisisinya, Spotsetter mengumumkan bahwa akan segera menutup layanan mereka, iOS dan Android, pada September mendatang. (Choirul Anam – www.harianindo.com)