Pesawat Angkut Militer Ukraina Ditembak jatuh

Pesawat II-76 milik Ukraina.
(sumber foto: Oleg Belyakov/Air Team Images)

Kiev – Kelompok separatis pro-Rusia di Ukraina dikabarkan berhasil menembak jatuh sebuah pesawat angkut militer Ukraina yang sedang terbang melintasi wilayah timur. Seperti dilansir dari BBC (Sabtu, 14/6/2014), jatuhnya pesawat angkut tersebut menewaskan 49 orang personil militer yang bertugas di dalamnya.

Kementerian Pertahanan Ukraina melaporkan bahwa pesawat angkut II-76 jatuh setelah menerima tembakan anti-pesawat di atas Kota Luhansk. Juru bicara militer, Vladislav Seleznov, megatakan bahwa 49 orang personil militer yang berada di dalam pesawat itu pun ikut terbunuh.

Adapun pesawat II-76 tersebut membawa pasukan militer dan peralatan militer. Pesawat naas tersebut sejatinya akan mendarat di bandara yang ada di kota tersebut.

Serangan udara ini merupakan “kehilangan terbesar dalam satu kejadian” yang diderita oleh pihak pemerintah sejak operasi militer ke wilayah Timur Ukraina ini dilakukan. Pihak Kemenhan Ukraina mengatakan bahwa “teroris” telah “dengan sinis dan licik” menembak jatuh pesawat tersebut.

Pihak Kemenhan Ukraina juga telah menyampaikan secara terbuka permohonan maaf dan bela sungkawanya kepada keluarga yang ditinggalkan oleh korban. Adapun insiden ini terjadi kurang dari seminggu dari serangkaian serangan terhadap pasukan pemerintah oleh kelompok separatis di Bandara Internasional Luhansk. Telah diketahui bahwa bandara tersebut saat ini masih dikendalikan oleh pasukan Pemerintah Ukraina, meski hampir seluruh wilayah Kota Luhansk telah dikuasai oleh kelompok separatis. (Galang Kenzie Ramadhan – www.harianindo.com)