Konami Umumkan PES 2015Tokyo – Awal minggu ini, EA Sport telah mengumumkan bagaimana menakjubkannya game sepak bola mereka FIFA 15. Tak mau kalah, Konami pun akhirnya mengumumkan pula game sepak bola mereka, PES 2015.

Seperti dilansir dari Gamespot (Kamis, 3/7/2014), Konami mengatakan bahwa PES 2015 akan rilis untuk Xbox One dan Playstation 4, serta dalam “format lain” (kemungkinan untuk PC), pada akhir tahun ini. Mereka menjanjikan bahwa PES 2015 akan menyuguhkan realisme permainan di lapangan ke tingkat yang lebih baru.

Konami mengatakan dalam sebuah statement bahwa PES 2015 akan datang dengan mengembalikan “faktor utama” PES mengenai kontrol total, kendali yang super responsif, dan gameplay yang tentunya sangat dikenal oleh gamer di seluruh dunia. Pemain tidak akan lagi mendapat halangan oleh system mengenai bagaimana cara mereka memainkan bola. Beberapa sistem utama dalam game, seperti menendang dan menjaga gawang telah “dikerjakan ulang”.

Konami mengatakan bahwa “shooting system” yang baru ini akan menghilangkan batasan tentang gaya menendang dan kontrol presisi terhadap arah maupun kekuatan tendangan. Gamer juga dapat mengatur bagaimana pusat gravitasi yang diterapkan oleh penjaga gawang untuk bereaksi dalam berbagai situasi.

Tim pengembang juga merubah sistem “final pass” di PES 2015 ini, sehingga gamer bisa mengeluarkan teknik operan atas atau operan rendah dengan lebih baik. PES 2015 juga akan meningkatkan permainan 1 lawan 1, memperbaiki kontrol bola jarak dekat. Konami juga menjanjikan sistem fisika bola yang lebih realistis, sehingga bola akan bergerak lebih alamiah di berbagai situasi.

Fitur lain yang mendapat peningkatan adalah mode myClub. Gamer kini bisa mengatur pemain dan manajer menggunakan uang dalam game maupun uang dunia nyata. Juga terdapat live update yang merefleksikan keadaan dunia nyata, yaitu misalkan ada seorang pemain yang sedang naik daun di dunia nyata, maka “stat” pemain tersebut di dalam PES 2015 juga akan ikut naik.

PES 2015 juga dikembangkan menggunakan FOX Engine seperti game Metal Gear Solid V: The Phantom Pain. Dan meski PES 2014 juga dikembangkan dengan teknologi serupa, Konami mengatakan bahwa FOX Engine yang diterapkan pada PES 2015 adalah versi yang telah berkembang. Dengan engine ini, PES 2015 akan menyuguhkan animasi yang lebih baru dan realistis dari 1000 lebih pemain bola, penonton yang lebih detail dan responsif, serta pencahayaan stadion di siang dan malam hari yang real-time.

Konami mengatakan bahwa mereka akan membahas info lainnya mengenai PES 2015 bulan depan. (Rani Soraya – www.harianindo.com)