MH17 Ditembak Jatuh, Putin Tuduh UkrainaMoskow – Presiden Rusia, Vladimir Putin, menuduh Ukraina bertanggungjawab atas jatuhnya pesawat Malaysia Airlines bernomor penerbangan MH17. Pesawat komersial tersebut dirudal ketika terbang melintasi kawasan konflik di Timur Ukraina.

Dilansir dari Berita Harian (Jumat, 18/7/2014), Presiden Putin mengatakan bahwa negara yang terkait dengan kejadian mengenaskan inilah yang wajib bertanggungjawab atas apa yang telah terjadi. Presiden Putin melanjutkan bahwa insiden ini tidak akan terjadi bila negara yang bersangkutan berada dalam keadaan yang kondusif, serta pihak militernya tidak memicu kerusuhan di wilayah Timur.

Presiden Putin juga memastikan bahwa pihaknya telah mengutus pasukannya untuk menuju lokasi jatuhnya pesawat MH17 untuk membantu evakuasi korban. Pesawat MH17 jatuh di dekat Desa Grabovo, sekitar Donetsk, Ukraina bagian Timur. Kota Donetsk sendiri merupakan kota terbesar kedua di Ukraina yang menjadi basis perlawanan dari kelompok separatis pro-Rusia yang bahkan menamakan diri mereka dengan Donetsk People’s Republic, atau Republik Rakyat Donetsk.

Pesawat Malaysia Airlines MH17 sendiri membawa 285 penumpang dan 15 orang kru. Dilaporkan tidak ada yang selamat dari insiden ini. (Galang Kenzie Ramadhan – www.harianindo.com)