Home > Gaya Hidup > Tips > Tips Mengatasi Nyeri Punggung Akibat Terlalu Lama Duduk

Tips Mengatasi Nyeri Punggung Akibat Terlalu Lama Duduk

Jakarta – Rasa sakit atau nyeri di punggung adalah hal yang tak asing dialami bagi para pekerja yang kurang bergerak. Gangguan yang kebanyakan menyerang usia produktif tersebut tak jarang harus berujung dengan perawatan di rumah sakit, bahkan tindakan operasi.

Tips Mengatasi Nyeri Punggung Akibat Terlalu Lama Duduk

Nyeri Punggung

Beberapa jenis gerakan berulang yang diakibatkan pekerjaan yang dapat menyebabkan nyeri punggung adalah mengangkat, membungkuk, terus bergerak, atau justru sebaliknya, yaitu hanya duduk dalam waktu lama.

Lantas, bagaimana cara mengatasinya?

“Cobalah modifikasi ruang kerja dengan cara menaruh penyangga di bagian bawah kaku dan gunakan kursi beroda agar bisa duduk tegak,” saran dr. Sapto Adji, Sp.OT dari RS Premier Bintaro dalam media gathering ‘Center of Excellence Update.’

Bentuk dari kursi juga disarankan tegak 90 derajat dengan sandaran punggung melengkung. Batas monitor sebaiknya sejajar dengan mata dan jaraknya sepanjang tangan saat mengetik. Usahakan setiap dua jam sekali melakukan peregangan bila hanya di depan komputer sepanjang hari.

Selain itu, berdirilah sesekali apabila duduk dalam durasi lama karena pada dasarnya beban punggung saat duduk lebih berat dibandingkan saat berdiri.

Di luar waktu kerja, posisi tubuh keseharian juga turut berpengaruh, misalnya posisi tidur di malam hari. Tidur terlentang adalah posisi yang paling baik karena tak ada beban yang diangkat, demikian juga dengan tidur miring.

“Hindari tidur tengkurap karena membuat beban di punggung semakin berat,” tambah dr. Sapto. (Yayan – www.harianindo.com)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Tips Bagi Pekerja di Rumah

Tips Bagi Pekerja di Rumah

Jakarta – Saat ini, tidak sedikit orang yang tak harus pergi ke kantor untuk bekerja ...

12465455_10205256660160520_652338149_o

Follow Kami Di Line @harianindo Friends Added

Portal Berita Indonesia

Saran dan Masukan Selalu Kami Tunggu Untuk Kami Membangun Portal Media Ini Agar Bisa Menjadi Lebih Baik Lagi. Hubungi Kami Jika Ada Saran, Keluhan atau Masukan Untuk Kami. Untuk Pemasangan Iklan Silahkan Kontak Kami di Page Pasang Iklan.

Aktual, Faktual dan Humanis