Jakarta – Salah seorang pria bernama Toto bin Edi (41) warga Kampung Cilubang RT 002 RW 001 Desa Sukakerta, Kecamatan Sukapandak, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat melakukan aksi yang terbilang nekat. Dengan memakai modus meminta amal untuk yayasan secara ‘door to door’, ia mencuri dompet berisi uang senilai Rp2 juta.

Pria Ini Lakukan Aksi Pencurian Dengan Modus Meminta Amal Untuk Yayasan

Ilustrasi

Aksi laki-laki pengangguran tersebut berhasil kepergok ketika dirinya mendatangi rumah korban Julaemah (53) di Jalan Jambu No 49, Buaran Indah, Tangerang. Ketika itu, sang pemilik rumah sedang keluar untuk membeli nasi. Pelaku yang datang dengan berpura-pura meminta amal tersebut memanfaatkan situasi rumah yang sepi untuk mengambil dompet yang berisi uang senilai Rp2 juta di dalam tas korban.

“Aksi pelaku diketauhi oleh salah seorang warga yang melihat aksi pelaku saat menutup tas korban dan mengambil dompet kemudian bergegas keluar,” kata Kapolsek Tangerang, Kompol Ewo Samono.

Lanjutnya, saksi yang melihat aksi nekat tersebut lantas memberitahu korban jika ada seseorang yang masuk ke dalam rumahnya dan mengambil dompet korban. Langsung saja korban berteriak. Teriakan korban sontak membuat warga langsung mengamankan sang pelaku. Beruntung, pelaku tidak dihakimi oleh massa.

“Saat itu juga korban langsung meneriaki maling kepada pelaku yang belum jauh dari rumahnya,” ungkapnya.

“Warga langsung menyerahkan pelaku ke kantor polisi,” ucapnya.

Dari tangan pelaku, pihak kepolisi juga turut mengamankan uang senilai jutaan rupiah dari hasil sumbangan untuk sebuah yayasan di wilayah bogor yang diduga hanya fiktif belaka tersebut.

Baca Juga : Kemenhub Ingatkan Perusahaan Transportasi Online Untuk Penuhi Persyaratan Agar Tidak Di Blokir

“Pelaku sudah kita amankan dan akan kita jerat dengan pasal 363 tentang pencurian,” pungkasnya.

(bimbim – harianindo.com)