Home > Ragam Berita > Nasional > MUI Kecewa Dengan Tuntutan Jaksa Yang Terlalu Ringan Untuk Ahok

MUI Kecewa Dengan Tuntutan Jaksa Yang Terlalu Ringan Untuk Ahok

Jakarta – Wakil Ketua Komisi Hukum dan Perundang-undangan MUI, Ikhsan Abdullah, mengatakan bahwa tuntutan jaksa penuntut umum (JPU) terhadap kasus dugaan penistaan agama dengan terdakwa Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) terlalu ringan.

MUI Kecewa Dengan Tuntutan Jaksa Yang Terlalu Ringan Untuk Ahok

Ikhsan Abdullah mengaku sangat kecewa dengan apa yang menjadi tuntutan jaksa terhadap Ahok. Apalagi kasus Ahok ini juga menjadi perhatian dunia.

“Tuntutan jaksa mencederai proses peradilan pidana, yang tentu saja peradilan Basuki Tjahaja Purnama bukan hanya jadi atensi publik di Indonesia. Tapi juga internasional. Soal bagaimana implementasi hukum di Indonesia,” kata Ikhsan dalam diskusi di Warung Daun, Jalan Cikini, Menteng, Jakarta Pusat, Sabtu (29/4/2017).

Menurut Ikhsan, Jaksa Agung M Prasetyo seharusnya mengetahui isi tuntutan dari JPU, namun Jaksa Agung disebutnya telah melakukan politik partisan dalam konteks Pilkada DKI Jakarta.

“Ini yang tidak diantisipasi jaksa agung. Tentu saja kami melihatnya, bahwa jaksa agung memberikan politik partisan atau politik pilkada. Jaksa itu satu. Jadi dia buat rentut (rencana tuntutan). Buat tuntutan. Jaksa agung pasti tahu,” tuturnya.

Tuntutan yang dibacakan oleh JPU beberapa waktu lalu itu disebut akan menimbulkan rasa ketidakpercayaan publik terhadap pengadilan dan membatalkan legitimasi atas sikap keagamaan yang sudah dikeluarkan oleh MUI.

“Kemudian, tindakan jaksa agung ini dalam tuntutannya tidak menciptakan bagaimana hukum di Indonesia jadi baik. Tapi membelah umat dan memunculkan distrust,” ujar Ikhsan.

“Kedua, kami dari MUI menyayangkan tuntutan jaksa ini. Kenapa kemudian jaksa tidak menerapkan hukum yang sebenarnya. Ini mendelegitimasi sikap keagamaan MUI yang dikeluarkan pada 11 November 2016. Ini bukan hanya MUI yang didelegitimasi pendapatnya. Tapi juga pendapat NU dan Muhammadiyah,” tandasnya.
(samsul arifin – www.harianindo.com)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Wiranto Tidak Banyak Berikan Komentar Terkait Kasus Miryam

Wiranto Tidak Banyak Berikan Komentar Terkait Kasus Miryam

Jakarta – Bendahara Fraksi Partai Hanura di DPR Miryam S. Haryani telah ditangkap pihak berwajib. ...

12465455_10205256660160520_652338149_o

Follow Kami Di Line @harianindo Friends Added

Portal Berita Indonesia

Saran dan Masukan Selalu Kami Tunggu Untuk Kami Membangun Portal Media Ini Agar Bisa Menjadi Lebih Baik Lagi. Hubungi Kami Jika Ada Saran, Keluhan atau Masukan Untuk Kami. Untuk Pemasangan Iklan Silahkan Kontak Kami di Page Pasang Iklan.

Aktual, Faktual dan Humanis