Jakarta – Lagi-lagi, pernyataan Wakil Gubernur DKI Jakarta, Sandiaga Uno mendapat perhatian dari publik, khususnya warga DKI Jakarta sendiri. Pernyataan Sandi tersebut yakni seputar rencana dirinya merekrut tukang becak menjadi pelatih dalam program OK OCE.

Sandiaga Buka Peluang Tukang Becak Jadi Trainer di OK OCE

“Mungkin suatu saat mereka jadi trainer juga di OK OCE karena sekarang banyak komunitas sepeda di mana-mana, sementara para penarik becak sangat mahir dalam tentunya menjaga kayuhannya,” ujar Sandiaga saat meresmikan kantor sekretariat OK OCE di Kecamatan Koja, Jakarta Utara, Sabtu (27/1/2018).

Sandi mengharapkan jika cara tersebut bisa meningkatkan kesejahteraan tukang becak. Dengan cara itulah, Sandiaga berharap tukang becak bisa “naik kelas”, menjadi bagian pertumbuhan ekonomi di Jakarta.

“Lebih dari 300 komunitas sepeda di DKI, kalau bisa menyerap satu atau dua penarik becak ini kan bisa terasimilasi mereka. Ini bentuk kami memastikan meningkatkan kesejahteraan mereka karena selama ini belum terpikirkan kesejahteraan mereka. Kami ingin mereka naik kelas juga,” ujarnya.

Sebelumnya, diketahui bahwa Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Sandiaga berencana menata becak di Ibu Kota. Becak bakal diizinkan kembali beroperasi di Jakarta. Meski begitu, Anies-Sandi bakal membuat ketentuan khusus terkait rute becak kedepannya. Becak hanya boleh melintasi jalan lingkungan, bukan di jalan-jalan protokol.

(Ikhsan Djuhandar – www.harianindo.com)