Jakarta – Setelah melontarkan kritik terhadap netralitas TNI, Polri, dan BIN di arena pilkada serentak, Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) hari ini mengucapkan terima kasih kepada Kapolri Jenderal Tito Karnavian.

Kapolri Minta Aparat Netral saat Pilkada, SBY: Terima Kasih untuk Instruksinya

SBY

Melalui akun Twitternya, SBY mengucapkan terima kasih kepada Tito karena sudah memerintahkan seluruh aparat untuk bersikap netral saat pilkada serentak.

“Bapak Kapolri Jenderal Tito Karnavian, terima kasih atas instruksi tegasnya bagi netralitas Polri. Rakyat pasti bersyukur & sejarah akan mencatatnya dgn tinta emas,” tulis SBY di akun Twitternya, Selasa (26/6).

Sebelumnya, SBY mengungkapkan kegelisahaannnya terkait aparat BIN Polri dan TNI yang dinilainya mulai tidak netral menuju tahun politik. SBY menegaskan, jika BIN tak setuju dengan pernyataannya, maka ia siap untuk ditahan.

Baca juga: Anies Tegaskan Belum Tanggapi Serius Pencalonannya dengan Aher

“Biarlah saya SBY, warga negara biasa. Kalau pernyataan saya ini membuat BIN kita tidak nyaman, ingin menciduk saya, silakan,” kata SBY di Hotel Santika Bogor, Jawa Barat.

SBY meyakinkan bahwa apa yang ia sampaikan benar adanya. Ia mengaku, ketidaknetralan ketiga institusi itu dilakukan oleh beberapa oknum. Pernyataan SBY ini sempat menciptakan pro dan kontra, baik di internal pemerintah, maupun parpol-parpol. (Tita Yanuantari – harianindo.com)