Bormes Les Mimosas – Legenda balap Motor kelas 500cc, Wayne Gardner, mengaku takjub dengan perkembangan yang dimiliki MotoGP dari tahun ke tahun. Menurutnya, perkembangan pada motor yang digunakan di MotoGP tersebut membuat para pembalap semakin aman ketika balapan berlangsung.

Wayne Gardner Akui Sangat Takjub dengan Perkembangan MotoGP

Menurut Gardner, di jamannya dulu kala masih balapan, peluang untuk kecelakaan serta mendapatkan luka yang parah sangatlah besar. Sangat berbeda bila dibandingkan saat ini. Gardner beranggapan bahwa motor yang menggunakan empat mesin jauh lebih mudah dikendarai ketimbang dua mesin saat masanya dulu.

“Kami (saat zaman Gardner balapan) sangat sering menabrak dan melukai diri kami sendiri. Dengan empat mesin membuat motor jauh lebih mudah dikendarai hampir 70% ketimbang menggunakan dua mesin,” tutur Gardner sebagaimana diberitakan Speed Week pada Senin (9/7/2018).

“Saat ini (MotoGP) jauh lebih sedikit mengalami tabrakan. Dengan kontrol traksi yang lebih membuat hal kecelakaan tersebut jarang terjadi sekarang-sekarang ini,” lanjut pria berkebangsaan Australia itu.

Dengan jauh lebih amannya itu, membuat Gardner pun merasa bahwa MotoGP era sekarang jauh lebih menarik. Terlebih usai dirinya menyaksikan laga MotoGP Belanda 2018 lalu, di mana hampir lima pembalap bersaing sengit untuk merebut tempat di podium seri tersebut.

Bahkan, Garner mengakui bahwa tim-tim di MotoGP saat ini pun hampir sama rata. Baik dari segi pembalap mau pun motor yang digunakan. Maka dari itu, ia pun senang karena balapan motor paling prestisius saat ini tersebut menjadi sangat menarik untuk disaksikan. (Tita Yanuantari – harianindo.com)